Sukses


BOPI Resmi Terbitkan Rekomendasi Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) resmi menerbitkan rekomendasi penyelenggaraan Liga 1 2020 kepada operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Rekomendasi tersebut diserahkan langsung oleh Ketua BOPI, Richard Sam Bera, kepada Direktur Utama (Dirut) PT LIB, Cucu Somantri di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jumat (21/2/2020).

Pada pertemuan tersebut, juga dilakukan penandatanganan pakta integritas yang melibatkan operator kompetisi, klub, dan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI).

"Kami berharap penyelenggaraan Liga 1 2020 lebih baik. Sebab berkaca pada musim lalu, kompetisi sudah berjalan lebih baik dibanding sebelumnya," ujar Richard.

Sebelum memberikan rekomendasi kepada PT LIB, BOPI telah melakukan berbagai verifikasi. Mulai badan hukum klub, pajak, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) untuk pemain dan pelatih asing, dan izin pemakaian stadion.

"Kami menekankan agar pengelolaan kompetisi harus profesional, dengan mengutamakan aspek bisnis untuk mendatangkan keuntungan," kata Richard.

Richard juga mengingatkan PT LIB meningkatkan aspek profesionalitas Liga 1 2020 dengan memperhatikan pengelolaan manajemen dan kewajiban klub. Mantan perenang Indonesia ini juga berharap tak ada lagi kasus molornya kompetisi dan penunggakan gaji.

"Harus dipastikan agar saat kompetisi berakhir pada November, tidak ada tunggakan gaji. Pemain sepak bola kita harus membuktikan bahwa menjadi pesepakbola profesional Indonesia itu merupakan profesi mulia dan membanggakan," jelas Richard.

2 dari 3 halaman

PT LIB Soroti Kasus Penunggakan Gaji

Setelah rekomendasi dari BOPI terbit, Cucu berharap kontestan Liga 1 2020 taat membayar hak pemain tepat waktu. 

"Semoga persoalan tunggakan gaji pemain di tengah musim kompetisi tidak terulang lagi. Kami pun berharap hubungan PSSI dengan BOPI lebih intens, tak hanya saat proses penerbitan rekomendasi seperti ini," tutur Cucu.

Sementara itu, General Manager (GM) APPI, Ponaryo Astaman yang hadir pada acara ini, mengungkapkan kebahagian karena berbagai permasalahan antara pemain dan klub telah teratasi.

"Kami berharap tidak ada lagi persoalan signifikan di tengah kompetisi Liga 1 yang mulai bergulir 29 Februari 2020," kata mantan kapten Timnas Indonesia itu.

3 dari 3 halaman

Video

Saran Striker Persija, Marko Simic untuk di Rumah Aja Menghadapi Pandemi Virus Corona

Video Populer

Foto Populer