Sukses


Faktor Utama Penyebab Barito Putera Kalah Telak dari Arema

Bola.com, Malang - Barito Putera masih dianggap sebagai satu di antara tim dengan materi bagus di Liga 1 2020. Namun, saat uji coba di kandang Arema, Stadion Kanjuruhan, pada Minggu (23/2/2020), kehebatan tim berjulukan Laskar Antasari itu tidak terlihat.

Barito Putera menelan kekalahan cukup telak 0-3. Tiga gol Arema lahir lewat Dave Mustaine, Jonathan Bauman, dan Titan Fawazzi.

Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman, mengaku sedih dengan kekalahan tersebut.

"Ini uji coba yang bagus menjelang kompetisi Liga 1 pekan depan. Namun, sedih pastinya sebagai pelatih yang timnya kalah. Tapi, saya jadi bisa melihat, masih ada banyak kesalahan yang harus segera dibenahi dari tim ini," kata mantan pelatih Persib Bandung ini.

Yang paling utama, Djadjang menyebut konsentrasi pemainnya yang belum bisa 100 persen. Terbukti, tiga gol Arema lahir di awal dan akhir pertandingan.

Hal itu memang menit-menit yang rawan, di mana pemain masih dalam penyesuaian dengan atmosfer pertandingan. Selain itu, dua gol Arema juga bermula dari bola mati.

"Fokus dan konsentrasi pemain harus segera diperbaiki. Yang lainnya, tentang penjagaan pemain lawan juga harus lebih ketat. Masih ada waktu latihan empat kali sebelum kompetisi. Jadi, kami harus maksimalkan untuk memperbaiki semua kelemahan itu," kata Djadjang.

2 dari 2 halaman

Batal Simulasi Liga 1

Dalam uji coba ini, pelatih asal Bandung itu sempat berencana melakukan simulasi pertandingan resmi. Djadjang menurunkan kerangka tim sejak menit awal. Aleksandar Rakic, Amrizal Umanailo, Casio Fransisco, OK Jhon, dan yang lainnya turun sejak menit awal.

"Tadinya saya hanya ingin mengganti tiga pemain saja seperti simulasi pertandingan Liga 1. Tapi, kami lakukan penyegaran juga akhirnya, mengganti lebih dari tiga pemain," jelas mantan pelatih Persebaya Surabaya ini.

Barito Putera akan menjalani laga perdana Liga 1 di kandang Madura United pada 29 Februari. Itulah mengapa mereka bersedia menerima undangan uji coba sekaligus launching tim Arema. Ini jadi modal untuk menantang Madura United, yang merupakan sesama tim Jawa Timur dengan Arema.

APSSI Usulkan Pra-Musim Selama 2 Bulan Sebelum Liga Indonesia Kembali Bergulir

Video Populer

Foto Populer