Sukses


3 Pemain Liga Indonesia yang Berkecimpung di Bisnis Kedai Kopi

Bola.com, Jakarta - Karier sebagai pesepak bola profesional tentunya tak bisa menjadi pijakan utama setiap pemain. Setiap pemain pasti harus pensiun dan meninggalkan sepak bola.

Memang ada beberapa pemain yang tetap berkecimpung di dunia sepak bola, baik itu sebagai petinggi klub atau staf kepelatihan. Satu yang pasti, para pemain yang sudah gantung sepatu harus tetap mempunyai pemasukan demi bertahan hidup.

Biasanya para pesepak bola akan memanfaatkan ketenaran dengan membuka bisnis. Dengan memiliki bisnis sampingan para pemain bola akan tetap mempunyai pemasukan saat sudah pensiun.

Bisnis yang biasanya ditekuni para pemain bola antara lain clothing, barbershop, makanan hingga membuka kedai kopi. Kemudian yang menjalani bisnis bukan hanya pemain luar, melainkan juga yang bermain di Liga Indonesia.

Ada banyak bisnis yang ditekuni para pemain Liga Indonesia, satu di antaranya ialah bisnis kedai kopi. Siapa saja pemain Liga Indonesia yang berkecimpung di bisnis tersebut?

Berikut ini Bola.com merangkumnya dari berbagai sumber, 3 pemain Liga Indonesia yang menekuni bisnis kedai kopi.

 

2 dari 4 halaman

Hamka Hamzah

Pemain anyar Persita Tangerang, Hamka Hamzah, diam-diam membuka bisnis warung kopi di Makassar pada 2017. Eks pemain Arema FC itu memberi nama bisnisnya tersebut dengan nama Warkop 23.

Pada Maret 2019, Hamka melebarkan sayap dengan membuka membuka cabang kedua di Malang. Lokasi warung kopi ini terletak di Jalan Kawi Atas, Kota Malang dengan menawarkan dua jenis kopi yakni, Arabica dan Robusta.

Meski lokasi bisnisnya berjauhan, Hamka tetap memantau dengan cara mendatangi kedai kopinya tersebut sembari berjumpa dengan para penggemarnya, baik yang ada di Makasar maupun Malang.

3 dari 4 halaman

Marc Klok

Marc Klok tampaknya kerasan tinggal di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan keinginannya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Selain itu, Marc Klok diketahui membuka bisnis di Indonesia. Klok berstatus sebagai pemilik sebuah kafe bernama Koffie o'Klok.

Kedai pemain asal Belanda itu sudah buka sejak pertengahan tahun lalu. Kemudian untuk lokasi, Koffie o'Klok berada di dekat kawasan Pantai Losari dan Kantor Walikota Makassar.

Investasi yang dilakukan Klok tersebut sebagai bukti cintanya terhadap aroma kopi Indonesia, terutama dari Tanah Toraja. Seperti diketahui, Klok merupakan pemain PSM Makassar sebelum memutuskan bergabung dengan Persija Jakarta musim ini.

4 dari 4 halaman

Adam Alis

Baru-baru ini pemain Bhayangkara FC, Adam Alis membuka kedai kopi dengan nama AA Coffe. Inisial AA tersebut tentunya diambil dari nama panjangnya Adam Alis.

Adam Alin membuka bisnis kedai kopi tersebut diyakini untuk mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan sebagai pemain bola. Karena ia tak bisa menjaga kedai kopinya itu setiap hari.

Kedai kopi eks pemain Arema FC itu terkadang dijaga oleh sanak keluarganya. Untuk lokasi, AA Coffee terletak di Jln Raya Munjul No. 61 RT 04 RW 03, Kel. Munjul Kec. Cipayung.

Video Populer

Foto Populer