Sukses


Gelandang Garuda Select Dikontrak Agensi Terkemuka, Mimpi Gabung Klub Eropa Segera Terwujud

Bola.com, Jakarta - SkuatĀ Garuda Select yang dibentuk sebagai program akselerasi perkembangan pemain muda Indonesia bersiap untuk melepas siswa pertamanya ke klub Eropa.

Gelandang Brylian Aldama menjadi pemain Garuda Select pertama yang menandatangani kontrak dengan agensi pemain berlisensi FIFA, Forza Sports Group, yang berasal dari Belanda.

Agensi ini ditunjuk oleh Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, untuk mengurus segala persiapan administrasi transfer Brylian yang akan bergabung dengan satu di antara tim divisi utama Eropa.

Penandatanganan kontrak berlangsung di kompleks Aston University, Birmingham, Inggris, pada Senin (24/2/2020) waktu setempat.

Agen ini juga mewakili banyak pemain top di dunia seperti David Neres, Lassina Traore (Ajax Amsterdam), Siem De Jong (pemain Ajax yang baru pindah ke FC Cincinnati), Lieke Martens, Danielle Van De Donk (pemain Timnas Belanda Wanita), dan masih banyak lagi.

Pemindahan pemain ke klub Liga Eropa merupakanĀ satu di antara tujuan akhir dari program Garuda Select, yang diharapkan dapat melahirkan banyak pemain profesional Indonesia dengan kualitas dunia.

Program Garuda Select terdiri dari beberapa tahap, diawali dengan seleksi pemain di Indonesia untuk memilih 24 pemain di setiap tahunnya untuk lalu berlatih di pemusatan latihan (training centre) Garuda Select di Eropa, lalu dilatih dan menjalankan proses pengamatan potensi perkembangan.

Di tahun selanjutnya, pemain yang dianggap berpotensi berkembang lebih lanjut diundang untuk mengikuti pelatihan tahap kedua, yaitu pematangan persiapan untuk bermain di klub Eropa.

Di tahap ketiga, pemain yang dianggap benar-benar berpotensi akan dititipkan ke satu di antara klub untuk belajar beradaptasi di lingkup klub profesional yang masih dalam pantauan Dennis Wise, tetapi tanpa ekspektasi bahwa ia akan ikut berkompetisi.

Video

2 dari 2 halaman

Tahap Berikutnya

Di tahap keempat, pemain yang sudah layak bermain di Eropa, dipinjamkan ke klub Eropa untuk ikut kompetisi, dengan harapan dapat bisa bersaing dengan pemain profesional lainnya. Namun, karena masih dalam pantauan Dennis Wise, ia masih bisa dipindahkan jika ada hal yang tidak diinginkan.

Di tahap terakhir, atau tahap kelima, pemain tersebut benar-benar dilepas untuk berjuang sendiri di klub profesional Eropa.

"Brylian kini berada di tahap keempat tanpa perlu melewati tahap ketiga," ujar Dennis Wise disadur dari Media Mola TV.

Bergabungnya Brylian ke Forza Sports Group membuat mimpinya untuk bergabung dengan klub Eropa segera terwujud. Klub anyar pemain berusia 18 tahun ini segera diumumkan dalam waktu dekat.

Program Garuda Select merupakan kerja sama PSSI dan Mola TV dan berlangsung untuk 10 tahun hingga tahun 2028 dan diharapkan dapat melahirkan banyak pemain profesional Indonesia yang dapat berkiprah di Eropa dan meningkatkan prestasi Timnas Indonesia.

Selain Brylian, Dennis Wise merencanakan sedikitnya dua pemain lagi yang diharapkan akan berkiprah di Eropa.

Video Populer

Foto Populer