Sukses


TC Timnas Indonesia Digelar Maret, Persebaya Keberatan Melepas Pemain

Bola.com, Surabaya - PSSI memanggil pemain klub-klub Liga 1 untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Mereka mengirim surat terbaru ke klub-klub Liga 1 menunjukkan agenda benturan jadwal dua agenda itu seperti tahun-tahun sebelumnya.

Timnas Indonesia memang dijadwalkan sedang bersiap melakoni dua laga Grup G kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia kontra Thailand (26 Maret) dan Uni Emirat Arab (31 Maret). Tapi, pemusatan latihan sudah akan dimulai pada 10 Maret 2020.

“PSSI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama klub yang telah bersedia melepas pemain di sela-sela persiapan Liga 1 2020, pada tanggal 13-23 Februari 2020 lalu,” demikian bunyi surat bernomor 775/UDN/454/II-2020 yang dikirim PSSI kepada manajemen klub, Jumat, 28 Februari 2020. 

“Dalam pemusatan latihan tersebut, didapat banyak poin penting yang harus dievaluasi untuk menghadapi partai selanjutnya yaitu Thailand vs Indonesia pada 26 Maret 2020 dan Indonesia vs UEA pada 31 Maret 2020. Oleh karenanya, PSSI akan tetap berusaha maksimal untuk memulihkan nama baik Tim Nasional Senior Putra pada ajang internasional tersebut, untuk dapat meraih poin dan memperbaiki peringkat FIFA.” 

“Kebanggaan akan Tim Nasional Indonesia nantinya akan menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan reputasi sepak bola Indonesia. Di mana hasilnya akan juga dinikmati oleh seluruh Anggota PSSI, utamanya Klub Liga 1. Untuk itu, dalam rangka menghadapi Kualifikasi Piala Dunia Putaran 2, dengan ini kami menginformasikan bahwa pemusatan latihan akan dilaksanakan pada 10-31 Maret 2020.”

PSSI tak menyertakan daftar pemain dalam surat tersebut. Rencananya akan ada surat pemanggilan selanjutnya yang dikirim dalam waktu dekat. 

Merespons surat tersebut, Persebaya mulai gerah dengan kebijakan PSSI itu, meski belum ada nama pemainnya yang dipastikan dipanggil. Sebab, kompetisi Shopee Liga 1 2020 masih memainkan pekan ketiga hingga 15 Maret. 

“Persebaya keberatan dengan rencana TC Timnas Indonesia. Persebaya bepergang pada komitmen PSSI di awal kepengurusan dulu bahwa TC timnas tak akan ganggu jadwal kompetisi. Itu kesepakatan yang jelas disampaikan Ketum PSSI pada seluruh klub peserta Liga 1,” kata Ram Surahman, sekretaris tim Persebaya.

Video

2 dari 2 halaman

Klub Rugi

Menurut Persebaya, pemanggilan pemain saat tidak ada agenda kompetisi tidak menjadi masalah. Itu sudah terjadi dalam pemusatan latihan yang dipimpin pelatih Shin Tae-yong pada 13-23 Februari. Kompetisi Liga 1 2020 sendiri baru akan dimulai hari ini, Sabtu (29/2/2020). 

Ram menganggap, surat ini tidak sesuai dengan kesepakatan yang telah disampaikan. Apalagi, Liga 1 2020 sebenarnya juga telah mengatur libur dua pekan untuk memberi waktu bagi FIFA Matchday yang dilakukan pada 16 Maret hingga 2 April 2020. 

“Kesepakatannya TC timnas akan dilakukan sepekan seblum FIFA matchday. Karena itu, jadwal kompetisi sepekan sebelum FIFA matchday diliburkan,” imbuh pria asli Gresik itu.

Persoalan ini sudah bukan menjadi barang baru dalam urusan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Klub-klub Liga 1 juga kerap merasa dirugikan harus kehilangan pemain saat memainkan laga penting dalam kompetisi kasta tertinggi. 

Video Populer

Foto Populer