Sukses


Matias Malvino Sudah Disahkan PT LIB, Arema FC Tinggal Tunggu Status Elias Alderete

Bola.com, Malang - Setelah tidak bisa memainkan dua pemain asingnya dalam laga pekan pertama Shopee Liga 1 2020, Arema FC memberikan perkembangan terbaru. Bek asing Matias Malvino sudah mendapatkan pengesahan pada Selasa (3/3/2020) dini hari WIB, sementara Elias Alderete masih berstatus menunggu.

Manajemen Arema FC memberikan penjelasan detil mengenai absennya dua pemain asing di laga perdana Shopee Liga 1 2020, di mana Singo Edan menghadapi Tira Persikabo, Senin (2/3/2020). Matias Malvino dan Elias Alderete yang terpaksa melewatkan pertandingan lawan Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor, padahal sempat mengikuti sesi pemanasan.

Namun, dalam susunan pemain, nama keduanya tidak bisa tercantum lantaran belum dapat pengesahan dari operator kompetisi. Keduanya belum mengantongi International Transfer Certificate (ITC) dari federasi masing-masing. Media Officer Arema, Sudarmaji, kini memberikan perkembangan terbaru jika satu pemain sudah dapat pengesahan tengah malam tadi.

“Matias Malvino sudah resmi dini hari tadi. Kami dapat informasi jika di Uruguay baru ada cuti bersama karena pelantikan presiden. Jadi baru dikirimkan ITC tadi. Waktu Uruguay Senin siang. Tapi, waktu Indonesia tengah malam,” jelas Sudarmaji.

Sementara Alderete tinggal menunggu waktu saja. Arema meyakini dua hari kedepan pemain berusia 24 tahun itu sudah mendapatkan ITC.

“Sebenarnya Alderete ini persyaratannya agak rumit. Prosesnya peminjaman. Tapi, kami sudah berkomunikasi dengan klubnya di sana. Mereka sudah memberikan respons, tinggal federasi sepak bola Argentina memberikan balasan,” sambung media officer Arema FC itu.

Video

2 dari 2 halaman

Sudah Diproses Cukup Lama

Manajemen Arema FC mulai mengurus semua dokumen jauh-jauh hari. Untuk Malvino, Arema FC memasukkan nama sang pemain dalam transfer matching system (TMS) pada 29 Januari silam. Sementara Alderete baru 14 Februari.

Dalam sistem perekrutan pemain tersebut, Arema harus berkomunikasi dengan PSSI, klub pemain, dan federasi sepak bola sang pemain.

“Kami sudah berusaha jauh-jauh hari untuk segera melengkapi dokumen pemain. Tapi, ini melibatkan federasi negara asal pemain dan jam kerjanya berbeda. Namun, kami optimistis dua pemain ini sudah bisa main di laga kedua lawan Persib Bandung (8/3/2020),” jelasnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, sebenarnya Arema FC tergolong cepat untuk mendapatkan ITC pemain. Tapi, entah mengapa tahun ini butuh waktu lama. Bisa jadi faktor agen pemain juga berpengaruh.

Beberapa tahun kemarin Arema selalu menggunakan agen lokal. Dan kinerjanya cukup cepat. Sementara tahun ini Malvino dan Alderete menggunakan agen asing yang baru kali ini menyuplai pemain di Indonesia.

Video Populer

Foto Populer