Sukses


Digelar 14 Maret 2020, Persiba Vs Kalteng Putra Menjadi Laga Pembuka Liga 2 2020

Bola.com, Jakarta - Operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB), mengonfirmasi jadwal sepak mula Liga 2 2020 akan bergulir pada 14 Maret 2020. Laga Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra di Stadion Batakan dipilih menjadi pembuka musim ini.

Keputusan itu diambil setelah PT LIB menggelar pertemuan dengan klub peserta Liga 2 2020 di Jakarta, Jumat (6/3/2020). Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, menyebut pihaknya punya alasan khusus menggelar laga pembuka di luar Jawa.

Hal itu dilakukan atas dasar keseimbangan. Seperti diketahui, musim ini sepak mula Liga 1 sudah digelar di Pulau Jawa sehingga Liga 2 akan digelar di luar Jawa.

"Laga pembuka, Insyaallah akan dilaksanakan di Balikpapan pada 14 Maret 2020 antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra," kata Cucu Somantri.

"Pembukaan Liga 1 sudah dilakukan di Jawa. Sekarang ini Liga 2 dilakukan di luar Jawa dan kebetulan ada beberapa klub yang meminta. Akan tetapi, kami putuskan di Kalimantan karena di sana sebagai wilayah calon ibu kota baru," jelas Cucu Somantri.

Liga 2 2020 diikuti 24 tim dari seluruh Indonesia. Jumlah tersebut dibagi menjadi Wilayah Barat dan Wilayah Timur.

2 dari 3 halaman

Perubahan Regulasi

PT LIB melakukan perubaha regulasi untuk Liga 2 2020. Di antaranya adalah dengan menghapus babak 8 besar dan regulasi perebutan tiket peringkat ketiga.

Jadi, pemimpin klasemen akhir di masing-masing wilayah otomatis promosi ke Liga 1. Keduanya akan bentrok pada laga final Liga 2 untuk menentukan juara. Sementara untuk peringkat kedua di masing-masing wilayah akan bersaing mengamankan satu tiket sisa ke Liga 1.

"Kami menentukan grup Barat dan Timur peringkat satu dan dua. Kemudian pemenang Barat dan Timur langsung promosi Liga 1. Untuk peringkat kedua di Barat dan Timur akan kami pertemukan kembali menentukan peringkat tiganya. Itu yang membedakan kompetisi musim ini," ujar Cucu Somantri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer