Sukses


Sepak Mula Liga 2 2020 Berjalan Lancar meski Kasus Positif Corona di Indonesia Terus Meningkat

Bola.com, Balikpapan - Pembukaan Liga 2 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (14/3/2020) berjalan lancar. Ribuan suporter tetap hadir langsung di stadion, meski kasus positif virus Corona di Indonesia terus meningkat.

Laga perdana Liga 2 musim ini mempertemukan tuan rumah Persiba Balikpapan menghadapi Kalteng Putra. Pada pertandingan tersebut, Persiba menang 3-2 atas Kalteng.

Ketiga gol Tim Beruang Madu disarangkan Yusuf Effendi pada menit ke-7, Edy Gunawan menit ke-20, dan Aji Kusuma menit ke-21. Sementara itu, dua gol Kalteng Putra dicetak Syukur Fisabilillah (9') dan Billy Keraf (11').

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang turut hadir pada pembukaan Liga 2 2020 mengapresiasi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Menpora menyebut PSSI dan PT LIB mengelola liga dengan baik.

"Pemerintah menghargai benar kerja keras PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) atas bergulirnya kompetisi sepak bola yang tepat waktu," kata Zainudin Amali dalam sambutannya di hadapan ribuan penonton.

"Ini adalah hal yang baik, menunjukkan bahwa PSSI dan LIB serius mengurus kompetisi," lanjut Menpora.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bersyukur sepak mula Liga 2 dapat berjalan sesuai jadwal. Iriawan memberikan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya Liga 2 2020.

"Mari kita songsong liga yang bersih dan fair play. Tidak ada lagi pengaturan skor. Tidak ada lagi wasit yang sudah dikondisikan," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Langsung Ditunda

Meski telah resmi dibuka, PSSI dan Menpora memutuskan untuk menunda Liga 2 2020 menyusul pandemi virus Corona semakin meningkat di Indonesia. Keputusan itu diambil setelah Ketua Umum PSSI dan Menpora menggelar rapat khusus di ruang VIP Stadion Batakan.

Bukan hanya Liga 2, laga Shopee Liga 1 2020 juga akan ditunda sejak Senin (16/3/2020) hingga dua pekan ke depan. Itu artinya, pertandingan Liga 1 dan Liga 2 pada Minggu (15/3/2020) merupakan yang terakhir, sebelum aktivitas sepak bola di Indonesia dihentikan sementara.

"Kami tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran virus Corona," kata Iriawan.

Sampai saat ini, kasus positif virus Corona di Indonesia telah mencapai angka 96 orang. Jumlah tersebut bertambah 27 pasien dari yang sebelumnya 69 kasus.

"Itu artinya kami memperhatikan serius imbauan dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) maupun Kementerian Kesehatan. Ini juga sebagai bukti pemerintah berkoordinasi dengan cabang-cabang olahraga dalam penanganan terkait persebaran Virus Corona ini," kata Menpora Zainudin Amali.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer