Sukses


Presiden Jokowi Berperan Mendorong PSSI Memilih Mills sebagai Sponsor Apparel Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sebuah langkah berani diputuskan PSSI pada awal 2020. Federasi sepak bola di Tanah Air menjalin kerja sama berdurasi dua tahun dengan perusahaan apparel asli Indonesia, Mills, untuk menyuplai jersey Timnas Indonesia.

Sebelumnya sejak 2007, PSSI terlibat kerja sama bisnis dengan perusahaan kelas dunia asal Amerika Serikat, Nike.

Seperti halnya Nike, Mills akan memenuhi kebutuhan Timnas Indonesia dari segala usia, termasuk Timnas Putri. Mereka juga menyuplai kostum buat kegiatan internal PSSI seperti kursus kepelatihan, kursus perwasitan, dan untuk asosiasi provinsi (asprov).

Menurut penuturan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pihaknya bukan tanpa alasan memilih Mills. Ada beberapa hal yang membuat PSSI mengambil keputusan tersebut.

“Pertama, keputusan memilih produksi dalam negeri untuk jersey dan seluruh apparel tim nasional diambil karena PSSI mendukung arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,” ujar Iwan Bule, sapan akrab Mochamad Iriawan.

Iwan Bule menambahkan, Presiden sudah memerintahkan agar menggalakkan produk-produk lokal. Terlebih, kualitasnya tidak kalah dengan produk serupa dari luar negeri.

“Dengan memilih hasil karya anak negeri, otomatis pula akan menggerakkan usaha kecil dan menengah, serta membuka lapangan kerja bagi saudara saudara kita di lokasi pabrik tempat perusahaan itu berada,” tuturnya.

Selain itu, keputusan ini juga akan membuat masyarakat Indonesia semakin percaya diri. Terutama saat Timnas Indonesia berlaga di ajang internasional.

"Kalau bukan kita yang berbangga pada produksi berkualitas dari dalam negeri, lalu siapa lagi?," Imbuh Iwan Bule.

Keputusan PSSI menggandeng Mills mengagetkan perusahaan apparel asal Thailand, Warrix. Pasalnya, mereka sebelumnya sudah mengumumkan kerja sama bisnis dengan PSSI.

 

Video

2 dari 2 halaman

Bagaimana Nasib Warrix?

Produk Warrix telah didistribusikan dan dikenakan oleh Timnas Indoneia U-19 sewaktu pemusatan latihan (training centre) di Cikarang, Kabupaten Bekasi dan Chiang Mai, Thailand, akhir Januari lalu. Promosi besar-besaran mereka geber di jejaring sosial.

Artikel dari media Thailand, The Standard pada 31 Januari 2020 menuliskan bahwa Warrix dan PSSI telah bersepakat dengan kontrak berdurasi empat tahun sebagai apparel Timnas Indonesia. Kerja sama ini dimulai pada 1 Januari 2020 sampai 31 Desember 2023.

"Warrix juga telah mendapatkan hak untuk menyediakan jersey Timnas Myanmar selama enam tahun sejak 1 November 2018 hingga 31 Desember 2024. Kemudian kontrak empat tahun untuk Timnas Indonesia sejak 1 Januari 2020 sampai 31 Desember 2023 yang membuat Warrix yakin rencana merespresentasikan ASEAN tidak sulit lagi," demikian narasi dalam artikel The Standard.

Mochamad Iriawan membantah pihaknya telah resmi bekerja sama dengan apparel Timnas Thailand tersebut.

"Belum, masih ada peluang buat apparel lain. Kami coba dulu mana yang cocok dan mana yang bagus. Jadi, masih ada peluang untuk merk jersey yang lain," kata Iwan Bule.

Belakangan, pria yang juga menduduki posisi sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) ini memastikan bahwa PSSI tidak lagi berminat bermitra dengan Warrix. Setelah melalui pertimbangan yang cukup matang, Iwan Bule terpukau dengan produk lokal bernama Mills.

"Untuk seragam Timnas Indonesia, akhirnya kami putuskan untuk memakai buatan lokal. Alasannya, pertama bahannya lebih bagus. Kedua, kami ingin memajukan produk lokal. Apa bedanya usaha mikro kecil dan menengah di Thailand dengan di sini. Maka dari itu, kami memilih produk Indonesia," kata Iwan Bule, 8 Februari 2020.

Respons Warrix?

"Untuk saat ini saya tidak ingin berkomentar. Pernyataan yang ada di media Thailand itu bukan berasal dari kami. Jadi, kami tidak bisa mengatakan apa pun. Soal jersey latihan yang digunakan Timnas Indonesia, kami hanya sebatas memberi dukungan. Jadi, kami belum bisa berbicara lebih jauh soal itu," kata Atsuo Ogura, International Business Development Warrix, 6 Februari 2020.

PSSI secara resmi pada Jumat (14/2/2020) silam mengumumkan telah menjalin kerja sama dengan Mills. Seragam dari apparel asli Tanah Air itu pun telah dipakai oleh para pemain Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada 14-15 Februari 2020.

"Kami resmi memilih Mills sebagai apparel Timnas Indonesia mulai tahun ini. Pemilihan ini melalui pertimbangan yang matang dan komitmen Mills untuk mendukung Timnas Indonesia," tutur Iwan Bule dinukil dari laman PSSI.

"Selain itu Mills produk asli Indonesia. Kami mendukung program pemerintahan Presiden Jokowi untuk mengangkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan produk lokal. Terbukti kualitas produk lokal kami tidak kalah dengan apparel dari Amerika Serikat dan Eropa. Dengan kepercayaan ini, kami berharap produk anak bangsa bisa mendunia. Semoga kerja sama ini berlangsung baik dan Timnas Indonesia meraih prestasi," imbuhnya. 

 

Video Populer

Foto Populer