Sukses


Deretan Pemain Indonesia yang Pernah Berkarier di Malaysia pada Era 2000-an

Bola.com, Jakarta - Indonesia banyak memproduksi pemain-pemain berkualitas. Tak jarang, penampilan apik pemain Indonesia terdengar hingga ke Negeri Jiran, Malaysia.

Bukan sesuatu yang langka melihat pemain Indonesia bermain di Malaysia. Sudah sejak dulu, pemain Indonesia laris manis menjadi buruan klub-klub Malaysia.

Secara kualitas, liga di Malaysia memang berada di bawah Indonesia. Faktor itulah yang membuat seorang pemain Indonesia tak sulit untuk beradaptasi dengan Liga Malaysia.

Faktor uang biasanya mendasari pemain Indonesia bersedia bermain di Malaysia. Maklum, klub-klub Negeri Jiran berani membayar mahal demi merekrut pemain Indonesia yang berkualitas.

Namun, jarang ada pemain Indonesia yang memiliki karier lama di Malaysia. Belakangan hal itu terlihat pada Evan Dimas, Ilham Udin Arymaiyn, dan Saddil Ramdani yang hanya bertahan semusim bermain di Malaysia.

Pemain Indonesia yang punya karier panjang di Malaysia sejauh ini hanya Andik Vermansah. Andik bermain selama lima tahun di Malaysia dengan membela Selangor FA (2013-2018) dan Kedah FA (2018).

Catatan karier tersebut mengalahkan para pemain Indonesia yang sudah lebih dulu mencicipi atmosfer sepak bola Indonesia. Lantas, siapa saja pemain Indonesia yang pernah bermain di Malaysia pada era 2000-an?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas merupakan legenda sejati Persija Jakarta. Namun pada 2005, pemain yang akrab disapa Bepe itu pernah bergabung dengan klub Malaysia, Selangor FA.

Bepe bermain selama dua musim di Selangor. Bersama Elie Aiboy, Bepe berhasil mempersembahkan tiga gelar buat Selangor FA yakni Malaysia Premier League 2005, Malaysia FA Cup 2005, dan Malaysia Cup 2005.

Berkat kariernya tersebut nama Bepe masih tersohor di Malaysia sampai sekarang. Bepe memutuskan gantung sepatu pada 2019 dan saat ini memiliki peran baru sebagai manajer Persija Jakarta.

3 dari 6 halaman

Elie Aiboy

Elie Aiboy merupakan satu dari sederet gelandang terbaik yang dimiliki Indonesia. Pemain asal Jayapura itu pernah memperkuat Selangor FA pada 2005-2007 dan 2008-2009.

Di Selangor, Elie Aiboy ketika itu ditemani pemain Indonesia lainnya yakni Bambang Pamungkas. Kedua pemain berhasil memberikan penampilan gemilang dan menyumbang tiga gelar buat Selangor FA yakni Malaysia Premier League 2005, Malaysia FA Cup 2005, dan Malaysia Cup 2005.

Elie Aiboy kemudian kembali ke Indonesia. Pada 2011-2012, Elie berhasil mengantarkan Semen Padang meraih gelar Liga Primer Indonesia.

4 dari 6 halaman

Kurniawan Dwi Yulianto

Memiliki pengalaman bermain di Pelita Jaya, PSM Makassar, Persebaya Surabaya, hingga Persija Jakarta membuat nama Kurniawan Dwi Yulianto tersohor hingga Malaysia. Pada 2005, Serawak FA berhasil mendatangkannya ke Malaysia.

Namun, karier Kurniawan hanya berlangsung semusim di Malaysia. Kontraknya akhirnya tak diperpanjang Serawak FA karena dianggap kurang berkontribusi buat tim.

Kurniawan akhirnya gantung sepatu pada 2013. Saat ini, pemain asal Magelang itu berkarier sebagai pelatih untuk klub Malaysia, Sabah FA.

5 dari 6 halaman

Budi Sudarsono

Tak bisa dimungkiri, Budi Sudarsono merupakan pemain yang tajam ketika masih aktif bermain. Sederet klub elite Indonesia pernah diperkuatnya yakni Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, hingga Persik Kediri.

Pada 2007, Royal Police berhasil mengamankan jasa Budi Sudarsono. Namun, penampilan Budi kurang memuaskan di Malaysia sehingga kontraknya tak diperpanjang.

Budi kemudian kembali ke Indonesia dan memperkuat Persik Kediri. Setelah itu, pemain dengan julukan Si Piton itu sempat bermain untuk Persib Bandung, Sriwijaya FC, Deltras Sidoarjo, dan pensiun di Persikabo Bogor pada 2015.

6 dari 6 halaman

Ilham Jayakesuma

Penampilan apik Ilham Jayakesuma di Pesita Tangerang terdengar sampai Malaysia. Maklum, Ilham berhasil dua kali menahbiskan diri sebagai pencetak gol terbanyak Liga Indonesia pada 2002 dan 2004.

Pada 2006, MPPJ Selangor berhasil mendatangkan Ilham. Bersama klub berjulukan The Black Widows, Ilham tampil sebanyak 18 kali dan mencetak tujuh gol.

Pada akhir musim, MPJJ Selangor tak memperpanjang kontrak Ilham. Akhirnya, pemain kelahiran 19 September 1978 itu kembali ke Indonesia dan bermain di Persita lagi.

Video Populer

Foto Populer