Sukses


Belajar dari Kasus Wander Luiz, Pemain Persib Diminta Tak Menyepelekan Penyebaran Virus Corona COVID-19

Bola.com, Jakarta - Kasus Wander Luiz terinfeksi virus corona COVID-19 memberi banyak pembelajaran bagi manajemen Persib Bandung. Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar mengingatkan pemainnya yang saat ini sedang menjalani libur, untuk selalu menjaga kondisi kesehatannya di tenah-tengah pandemi virus yang mematikan tersebut.

Umuh juga mengaku senang mendengar kabar jika Wander Luiz telah dinyatakan negatif, setelah menjalani tes kedua PCR untuk mengetahui perkembangan selama menjalani isolasi mandiri.

Alhamdullah Luiz sembuh, dari awal sudah memprediksi kondisinya tidak akan parah. Saya salut kepadanya yang tidak menganggap enteng hasil tes pertama tim medis. Luiz langsung mengkaratina dirinya, menjalani protokol yang diminta tim medis sehingga kemudian ia bisa sembuh cepat,” tutur Umuh seperti yang dilansir Pikiran Rakyat.

Umuh menambahkan, selama masa isolasi mandiri Wander Luiz menjalankan setiap instuksi yang harus dilakukan dengan sengat baik.

“Karena kesembuhan dan kesehatan ada di diri kita sendiri, kalau kita disiplin dan punya kemauan kuat mengkaratina diri sendiri, penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya," kata Umuh Muchtar.

Pria yang juga menjabat sebagai manajer Persib itu juga mengingatkan para pemain untuk tidak menyepelekan pandemi corona COVID-19 yang penyebarannya merata ke seantero Tanah Air.

"Saya minta kepada pemain harus mengerti jangan menganggap enteng dan menyepelekan virus corona ini. Virus ini sangat berbahaya tidak kelihatan. Saran saya batasi interaksi langsung dengan orang luar rumah. Kalau mau beli makanan kalau perlu tak usah bayar dengan uang kontak bisa dengan aplikasi online. Interaksi langsung amat berbahaya," katanya.

2 dari 3 halaman

Isolasi di Apartemen

Striker Persib Bandung, Wander Luiz telah dinyatakan negatif virus corona berdasar hasil tes kedua polymerase chain reaction (PCR). Dokter tim Persib, Raffi Ghani mengungkapkan keberhasilan sang pemain melewati masa sulit karena disiplin.

Raffi mengaku terus memantau kondisi pemain berusia 28 tahun itu yang menjalani isolasi di apartemen pribadinya selama 14 hari ke belakang.

"Keberhasilan ini karena dukungan dari tempat tinggalnya. Jadi untuk seseorang yang terpapar, dukungan sangat diperlukan," kata Raffi, Rabu, (15/4/2020).

Proses tes yang dijalani Wander Luiz dilakukan bersama ayahnya. Hasilnya, kedua orang tersebut sudah dinyatakan negatif melalui tes PCR.

"Untuk pemeriksaan yang kedua sama kita lakukan dengan PCR. Untuk mengantisipasi adanya virus di badan seseorang yang diperiksa menggunakan tes ini. Wander Luiz dan orang tuanya bisa negatif karena isolasi mandiri yang disiplin," ucap Raffi.

"Puji Tuhan saya akhirnya bisa sembuh, tak sabar untuk bisa mudik bertemu keluarga di kampung halaman," ujar Wander Luiz.

 

3 dari 3 halaman

Video

Pemain Bhayangkara FC, Jajang Mulyana Giat Lakukan Penyembuhan Tahap Akhir Pasca Cedera

Video Populer

Foto Populer