Sukses


Potret Kemegahan Stadion Papua Bangkit, Tak Kalah dari SUGBK

Bola.com, Jakarta - Stadion Papua Bangkit merupakan stadion termegah yang terletak di Indonesia bagian timur. Stadion yang menjadi kebanggan masyarakat Papua itu tak kalah megah dibandingkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Stadion yang memiliki kapasitas 40 ribu tempat duduk ini terletak di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Pemerintah Papua mengucurkan dana Rp 1,3 triliun untuk membangun Stadion Papua Bangkit.

Stadion yang menjadi ikon Papua dan Indonesia Timur itu tentunya sudah bertaraf internasional dan sesuai standar FIFA. Selain sebagai tempat digelar pertandingan sepak bola, stadion ini juga dilengkapi lintasan atletik.

Stadion Papua Bangkit memiliki total area 13,7 hektare (ha) dengan luas stadion utama 71.697 meter persegi. Nantinya, stadion yang pada bagian luar dihiasi ornamen ukiran khas Papua tersebut menjadi lokasi utama perhelatan PON 2020.

Sayangnya, hingga kini jadwal PON 2020 masih berstatus tentatif. Hal tersebut tak lepas dari pandemi virus corona yang tengah mewabah di Indonesia.

Awalnya, PON 2020 akan dibuka pada 20 Oktober mendatang. Namun, akibat pandemi virus corona, PON ke-20 kemungkinan besar bakal ditunda dan digeser ke Oktober tahun depan.

"Mengenai waktu yang pas untuk penundaan PON 2020 yang muncul bulan Oktober 2021 adalah usulan dari KONI Pusat dan KONI Daerah. Sebenarnya ada usulan juga dilakukan bulan Maret, tetapi kemudaian ada pertimbangan bahwa bulan Maret itu anggaran di daerah belum semuanya keluar," terang Menpora Zainudin Amali, Minggu (19/4/2020).

Terlepas dari belum jelasnya jadwal PON 2020, masyarakat Papua dan Indonesia Timur patut berbangga karena memiliki stadion yang megahnya menyaingi Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Penasaran bagaimana megahnya Stadion Papua Bangkit? Berikut ini adalah potret Stadion Papua Bangkit yang dirangkum dari berbagai sumber.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Memiliki Kapasitas 40 Ribu Tempat Duduk

3 dari 6 halaman

Megahnya Papua Bangkit Sports Complex

4 dari 6 halaman

Dihiasi Ornamen Ukiran Khas Papua

5 dari 6 halaman

Single Seat dan Papan Skor Elektronik

6 dari 6 halaman

Masuk Jajaran Stadion Termegah di Dunia

Sumber: Liputan6.com, Instagram

Video Populer

Foto Populer