Sukses


Ezra Walian, Aset Potensial Timnas Indonesia yang Belum Sesuai Harapan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memiliki harapan pada Ezra Walian yang memiliki rekam jejak yang lumayan di Belanda.

Ezra Walian lahir di Amsterdam, Belanda, pada 22 Oktober 1997. Ezra lahir dari pasangan Glenn Walian, orang Indonesia yang berasal dari Manado, dengan seorang ibu yang berasal dari Belanda, Linda Bosch.

Ezra mengawali kariernya dengan membela berbagai tim junior di Belanda. Pemain berpostur 182 itu tercatat sempat membela Haarlem (2007), AZ Alkmaar (2008), hingga Ajax (2012).

Ezra juga sempat membela Ajax U-19 dan berhasil mempersembahkan dua gelar Eredivisie U-19 yakni pada 2014-2015 dan 2015-2016. Dalam sebuah wawancara, Ezra mengaku tak melupakan negara asal ayahnya tersebut.

"Saya sudah tiga kali ke Indonesia yakni mengunjungi Jakarta, Bali, Bangka, dan Manado. Pertama keliling Jawa dan mengunjungi banyak tempat," ujar Ezra Walian pada 2014.

Ezra kemudian sempat membela Jong Ajang pada 2016 dan sempat tampil sebanyak 22 kali dengan torehan tiga gol. Pencapaian terbaik Ezra bersama Jong Ajax adalah peringkat kedua Eerste Divisie 2016–2017.

Setelah itu, Ezra Walian bergabung dengan Almere City. Namun, pada 2018, Ezra sempat dipinjamkan ke RKC Waalwijk. Secara keseluruhan, Ezra tampil sebanyak 15 kali dan mencetak empat gol untuk Almere City serta 14 kali bermain dan mencetak 1 gol untuk RKC Waalwijk.

"Saya tetap bermain di Eropa karena masih memiliki kontrak di klub. Saya akan fokus di sana. Mungkin lain waktu saya akan bermain di klub Indonesia," ucap Ezra Walian pada 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Kontroversi Kewarganegaraan

Ezra Walian mengucap sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada 18 Mei 2017. Pemilik nama lengkap Ezra Harm Ruud Walian kemudian mengawali debutnya di Timnas Indonesia dalam laga persahabatan melawan Myanmar (21/5/2017).

Kemudian Ezra juga dipercaya amasuk dalam Timnas Indonesia U-22 asuhan Luis Milla di SEA Games 2017. Ezra ketika itu tampil sebanyak lima kali dan mencetak satu gol.

Dua tahun setelahnya, Ezra mendapatkan petaka karena dilarang FIFA tampil membela Timnas Indonesia U-22. FIFA melarang Ezra Walian bermain pada Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 setelah mendapatkan memorandum dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Sesuai surat yang dikirim KNVB, Ezra tercatat pernah berseragam Timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17, sebelum berganti kewarganegaraan Indonesia pada Mei 2017.

Ezra masih dianggap ilegal untuk bermain dengan Timnas Indonesia U-22 maupun senior pada perhelatan di bawah naungan FIFA. Untuk itu, PSSI masih mencari cara, satu di antaranya dengan menetapkan pengacara untuk menuntaskan polemik penyerang berusia 21 tahun tersebut.

Sampai saat ini, masalah kewarganegaraan Ezra Walian belum menemui ujung. Pada 2020, Ezra juga tak bisa tampil di Piala AFC bersama PSM Makassar karena status kewarganegaraan yang tidak jelas.

"Saya masih ingin bermain untuk negara, untuk Timnas Indonesia dan untuk PSM di Piala AFC. Semoga PSSI dapat memecahkan masalah saya. Mudah-mudahan mereka melakukan sesuatu," ujar Ezra.

3 dari 3 halaman

Merajut Asa

Ezra Walian memutuskan untuk berkarier di Indonesia pada 2019. PSM Makassar berhasil mendatangkan Ezra dari Almere City pada 7 September 2019.

Pemain berusia 22 tahun itu diikat dengan kontrak jangka panjang yakni 3,5 tahun. PSM berani memberikan kontrak jangka panjang buat Ezra demi memetik kesuksesan di masa depan.

"Jadi ini adalah jawaban dari manajemen mengenai siapa pemain muda yang akan bergabung. Dia adalah Ezra Walian. Sudah sangat populer di Indonesia," kata CEO PSM, Munafri Arifuddin.

"Kolaborasi pemain senior dan pemain muda di PSM. Kami berharap kolaborasi ini bisa menghasilkan prestasi-prestasi di kemudian hari," tegas Munafri.

Dalam musim perdananya di PSM, Ezra berhasil tampil sebanyak 16 kali dalam 998 menit bermain. Namun, pencapaian gol yang dicetak Ezra terbilang masih minim yakni tiga gol.

Musim ini, Ezra kembali merajut asa di PSM. Pemain berpostur 185 cm itu sudah tampil sebanyak tiga kali dan mencatatkan 247 menit bermain.

"Di Shopee Liga 1, saya ingin mencetak gol lebih banyak. Saya ingin memberitahu ke semua orang apa yang saya bisa. Saya pikir tahun lalu saya bermain bagus. Akan tetapi, tahun ini saya harus bermain lebih baik," ujar Ezra Walian.

Video Populer

Foto Populer