Sukses


Momen Pelatih Persik Meniru Metode Latihan ala Sir Alex Ferguson di Manchester United

Bola.com, Jakarta - Joko Susilo buka kartu soal sosok yang menjadi panutan utamanya di dunia kepelatihan. Pelatih muda yang kini menakhodai Persik Kediri ini mengaku banyak terpengaruh oleh sosok pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson.

"Sir Alex Ferguson merupakan sosok pelatih yang sangat luar biasa. Ia mampu membawa Manchester United menjadi kekuatan yang sangat digdaya di Inggris dan juga Eropa," ujar pelatih yang sering dipanggil dengan nama akrab Getuk itu.

Menurut Joko, Fergie, sapaan akrab Ferguson, memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya, sambung pelatih berlisensi AFC Pro ini, adalah kemampuannya untuk menerapkan disiplin yang sangat ketat di kubu Setan Merah.

"Ia juga memiliki otoritas penuh untuk membangun sistem yang dibutuhkan dalam sebuah tim. Fergie punya ketegasan dan idealisme untuk membangun tim. Kekuatan mentalnya juga luar biasa," tutur Joko.

Joko sebelumnya memang dikenal sebagai salah seorang pencinta Manchester United. Beberapa kali, secara terang-terangan, eks asisten pelatih Timnas Indonesia ini mengakui bahwa ia adalah seorang fans Setan Merah.

Video

2 dari 2 halaman

Resapi Biografi

Selain sebagai pencinta United, Joko punya kedekatan dengan skuad yang telah 20 kali meraih gelar juara Liga Inggris tersebut. Makalah kelulusan pelatih asal Cepu dari kursus AFC Pro adalah analisis tentang perubahan kekuatan Setan Merah dari era Jose Mourinho ke Ole Gunnar Solskjaer.

Lebih lanjut, Joko mengaku ada beberapa hal dari gaya kepelatihan Ferguson yang ia adapatasi ke dalam gaya kepelatihannya. Salah satunya, menurut pelatih asal Cepu ini adalah caranya menyiapkan timnya dalam mengarungi kompetisi.

"Saya banya membaca biografi beliau dan menonton video soal bagaimana beliau menyiapkan tim dan membangun sistem. Saya banyak belajar dari cara beliau untuk menyiapkan tim," terang Joko.

 

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah, published 6/5/2020)

 

Video Populer

Foto Populer