Sukses


Petuah Sang Kakek Bikin Sandy Walsh Bersemangat untuk Membela Timnas Indonesia

Bola.com, Waregem - Bek Zulte Waregem, Sandy Walsh, mengaku bersemangat untuk membela Timnas Indonesia karena termotivasi petuah sang kakek. Namun, sampai saat itu keinginan Sandy membela Tim Merah Putih harus tertunda, karena proses naturalisasinya masih berlangsung.

Sandy Walsh memiliki darah Indonesia dari sang ibunda yang kedua orang tuanya berasal Jawa Timur. Adapun ibunda Sandy lahir di Swiss, namun tumbuh besar di Belanda.

Sementara itu, Sandy Walsh juga memiliki darah Inggris dari ayahnya yang merupakan keturunan Inggris-Irlandia. Sejauh ini, Sandy Walsh belum memutuskan untuk membela timnas di level senior.

Sandy pernah memperkuat Timnas Belanda di kelompok umur yang merupakan negara di mana ibunya pernah tinggal. Jadi, Sandy saat ini berpeluang membela Timnas Belgia, Inggris, Republik Irlandia, Swiss, Belanda, dan Indonesia.

Akan tetapi, berkat petuah sang kakek, Sandy Walsh lebih tertarik untuk membela Timnas Indonesia. Keinginan itu semakin kuat ketika namanya mendapatkan sorotan dari media Tanah Air ketika tampil pada perempat final Liga Europa 2016-2017 bersama raksasa Belgia, Genk.

"Sebagai pesepak bola saya selalu memikirkan tim nasional karena saya suka menonton Piala Dunia, Piala Eropa, bahkan Piala Asia dan Piala Afrika. Saya banyak diskusi dengan kakek yang merupakan orang Indonesia, namun tinggal di Belgia," kata Sandy Walsh di Youtube BangBes.

"Dia bilang, 'kamu bisa bermain untuk Timnas Belanda yang merupakan satu dari segelintir dari tim terbaik. Akan tetapi, harus diingat kamu juga bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Negara yang juga mencintai sepak bola'," kenang Sandy Walsh.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Dapat Sorotan

Sorotan masif yang dilakukan media di Indonesia membuat Sandy Walsh semakin yakin untuk menjadi WNI. Apalagi Sandy juga sudah pernah mengunjungi langsung negara asal sang kakek.

"Ketika saya bersama Genk dan bermain pada perempat final Liga Europa, di situ saya mulai disorot media Indonesia. Sejak saat itu saya ingat apa yang dikatakan oleh kakek saya," ucap Sandy Walsh.

"Sejak itu ketertarikan saya muncul. Saya jadi kepikiran dan mulai menjalin kontak dan memperhatikan keadaan di Indonesia. Itu menjadi satu alasan saya mencoba untuk bergabung dengan Timnas Indonesia," tegas Sandy Walsh.

Sandy Walsh saat ini masih bermain di kasta tertinggi sepak bola Belgia bersama Zulte Waregem. Sejak 2017, Sandy sudah tampil sebanyak 68 kali.

Sumber: Youtube BangBes

Video Populer

Foto Populer