Sukses


Tak Hanya untuk Timnas Indonesia, Sandy Walsh Punya Alasan Khusus Ngebet Menjadi WNI

Bola.com, Jakarta - Pemain keturunan Indonesia yang bermain di Belgia, Sandy Walsh, mengaku sudah tidak sabar untuk bisa resmi menjadi WNI. Namun, pemain berusia 25 tahun itu menyebut membela Timnas Indonesia di masa depan bukan menjadi tujuan utama.

Sandy Walsh memiliki darah Indonesia dari sang ibunda yang kedua orang tuanya berasal Jawa Timur. Adapun ayah Sandy Walsh memiliki darah Inggris-Irlandia.

Sandy Walsh memang berkeinginan untuk membela Timnas Indonesia. Apalagi Sandy sampai saat ini belum pernah bermain di level tim nasional.

"Buat saya bukan hanya soal uang. Memang saya bermain sepak bola untuk mencari uang, tapi kalau untuk tim nasional berbeda cerita. Sebuah kebanggaan kalau bisa bermain untuk Timnas Indonesia," kata Sandy Walsh di akun Youtube BangBes.

"Akan menjadi sebuah kebanggaan jika suatu hari nanti bisa bermain di Jakarta di depan para suporter. Saya melihat banyaknya penonton yang luar biasa dan saya belum pernah merasakan seperti itu di Eropa," ucap Sandy Walsh.

Selain Timnas Indonesia, Sandy Walsh juga sudah terlanjur jatuh cinta kepada negara Indonesia. Hal itu yang menyebutnya tak menyesal jika gagal memperkuat Timnas Indonesia setelah mendapatkan status WNI nanti.

"Bukan hanya soal Timnas Indonesia, tapi saya juga mencintai negaranya. Saya sudah tiga kali berkunjung ke Indonesia. Setiap kali saya kembali ke sini, saya merasa ingin tinggal di Indonesia," ucap Sandy Walsh.

"Setiap kali saya berada di Indonesia, saya merasa bahagia. Jadi, bukan hanya untuk Timnas Indonesia saja. Membela Timnas Indonesia adalah puncaknya dan bonus," ujar Sandy Walsh yang sepanjang kariernya sudah membela klub elite Belgia, Genk dan Zulte Waregem.

Video

2 dari 2 halaman

PSSI Setengah Hati?

Tekad besar Sandy Walsh untuk mendapatkan status WNI ternyata bertepuk sebelah tangan. Sampai saat ini kabarnya tidak ada proses pengajuan yang dilakukan otoritas terkait terhadap rencana pergantian kewarganegaraan Sandy Walsh.

Pada September 2019, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang diwakili Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menyebut tidak mendapatkan pengajuan proses naturalisasi Sandy Walsh dari PSSI. Hal inilah yang membuat prosesnya jalan di tempat.

PSSI tampaknya belum membutuhkan jasa Sandy Walsh. Untuk proses naturalisasinya, PSSI harus mengajukan nama Sandy Walsh ke Kemenpora dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Induk olahraga sepak bola Indonesia itu kemudian harus melakukan pengajuan perubahan data Sandy Walsh ke FIFA.

Saat ini Sandy Walsh masih terdaftar di Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB). Hal itu karena Sandy Walsh pernah membela Timnas Belanda kelompok umur.

Sumber: Youtube BangBes

Video Populer

Foto Populer