Sukses


Pernah Seleksi di Persija Jakarta, Pemandu Bakat Everton Ini Bicara Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Jakarta - Habib Bamogo kini tengah menikmati kariernya sebagai pemandu bakat di klub Premier League, Everton. Belakangan, ia berbicara mengenai pengalamannya bermain di Indonesia.

Sosok yang kini berusia 38 tahun itu pernah berseragam Persiram Raja Ampat pada 2014 silam selama semusim. Sebelumnya, Habib Bamogo pernah seleksi di Persija Jakarta dan Bali United.

Akan tetapi, Persija yang kala itu dilatih oleh Benny Dolo tidak tertarik dengan bakatnya. Menurut Hendri Susilo, asisten pelatih klub saat itu, performa Habib Bamogo belum begitu mengesankan, bahkan ketika bermain selama 50 menit dalam laga persahabatan melawan Ajax Amsterdam.

"Dia punya kecepatan dan penempatan posisi yang bagus. Buktinya, dia mendapatkan peluang meski tidak gol. Tapi, kami masih punya waktu untuk melihat kualitas yang sebenarnya dalam beberapa hari ke depan sebelum pertandingan melawan Arema Cronus," kata Hendri pada 18 Mei 2014 silam.

Setelah itu, Habib Bamogo sempat bermain untuk Persiram Raja Ampat. Meski sebentar, pria asal Burkina Faso yang juga pernah bermain untuk Marseille itu mengaku Indonesia membuat pengalaman di dunia sepak bola makin bervariasi.

"Saya bisa ada di Indonesia berkat Thierry Gathuessi yang merupakan rekan saya di Montpellier. Katanya, suasana stadion dan pengalaman sekali seumur hidup akan dirasakan saya di sana. Ya, saya menjalani pengalaman yang tak terlupakan di Indonesia," ujar Habib Bamogo.

 

2 dari 3 halaman

Dikontrak Everton

Habib Bamogo direkrut sebagai pemandu bakat klub Everton sejak awal Januari 2020. Ia ditugasi mencari pemain muda potensial, khususnya pemain keturunan Afrika yang bermain di Eropa.

Ia bisa berkarier di Everton lantaran ada sepupunya yang memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan di tempatnya. Manajemen klub lalu memberikannya kontrak selama enam bulan, terhitung sejak Januari 2020.

"Sepupu saya yang juga pemandu bakat Everton untuk pesepak bola profesional memberi tahu saya, bahwa ada lowongan di posisi ini. Tugasnya mencari pemain muda," ujar Bamogo dilansir dari Foot Mercato.

"Everton lalu memberikan saya kontrak selama enam bulan. Saya suka pekerjaan ini karena saya bertanggung jawab atas pesepak bola muda yang ke depannya bisa menjadi pemain profesional," ujarnya lagi.

Sumber: Foot Mercato

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer