Sukses


Merintis Usaha Susu Cincau, Eks Pemain Semen Padang Tak Malu Berjualan Pakai Gerobak

Bola.com, Padang - Fino Andrianas sempat lekat dengan Semen Padang. Dia merupakan gelandang produk binaan tim Kabau Sirah dan promosi ke tim senior pada 2017.

Musim lalu dia sempat membela klub Liga 2 PSPS Pekanbaru, namun tahun ini, pemain 25 tahun itu memilih cuti. Pemain asli Padang ini tidak terikat dengan klub manapun.

Tapi, bukan berarti dia berpangku tangan dalam kondisi saat ini. Apalagi virus corona juga membuat sepak bola terhenti. Sejak Ramadhan lalu, Fino mulai melakukan hal lain di luar sepak bola. Dia merintis bisnis minuman, yakni susu cincau dalam botol yang dilabeli Sucin 77.  

“Saya ini termasuk orang yang gak bisa diam saja karena sementara cuti sepak bola, saya coba bisnis ini minuman susu cincau. Kebetulan saya suka minum itu waktu buka puasa. Jadi ada pikiran coba untuk dijual,” kata Fino.

Dia tak merasa malu meski harus turun tangan berjualan di pinggir jalan. Dia juga ingin orang lain merasakan minuman favoritnya.

Susu cincau menurutnya belum ada yang dijual di Padang. Bagi Fino, itu adalah peluang bisnis. Ternyata hasilnya lumayan. Fino membuatnya sendiri dengan keluarga sehingga biaya produksinya bisa ditekan.

“Ini resep keluarga. Rasanya tidak ada yang jualan susu cincau di Padang. Saya ikut bikin dengan keluarga. Jualan juga pakai satu gerobak di pinggir jalan waktu Ramadhan,” sambungnya.

Hanya sebulan, kini Fino sudah memiliki lima gerobak. Karena sudah lumayan berjalan lancar penjualannya, Fino memilih fokus untuk proses produksi saja di rumah, sedangkan penjualannya diserahkan kepada rekanannya.

“Awalnya saya jualan juga. Ada yang beli juga hanya untuk ingin bertemu dan foto bareng. Sekarang tidak ikut jualan lagi, tapi ada yang beli ke rumah agar bisa foto juga,” lanjut Fino.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Rencana Cari Klub Lagi

Saat bisnis minumannya ini mulai berjalan, bukan berarti Fino meninggalkan sepak bola sepenuhnya. Dia ingin gabung dengan klub profesional lagi musim depan. Usianya masih 25 tahun. Namun, Fino belum tahu akan berlabuh ke klub mana selanjutnya.

“Sekarang juga masih ada virus corona. Jadi belu berPikir sepak bola dulu. Kalau sudah aktif lagi kompetisi, saya berusaha dapat klub dan main lagi,” jelasnya.

Sebagai pemain asal Padang, tentu dia ingin kembali membela Semen Padang yang saat ini kembali ke Liga 2. Namun dia tidak menutup kemungkinan berkarir di klub lain atau bahkan di luar Sumatra. 

Video Populer

Foto Populer