Sukses


Eks Striker PSM Makassar Cerita Kembali Bergulirnya Liga Vietnam dan Rindu dengan Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Makassar - Liga 1 Vietnam 2020 kembali digelar setelah sempat terhenti pada 15 Maret lalu akibat pandemi COVID-19. Ada tiga partai yang menandai dimulainya kembali kompetisi pada Jumat (5/6).

Satu di antaranya adalah partai yang memmpertemukan tuan rumah Hai Pong yang menjamu Ho Chi Minch City di Stadion Lach Tray. Hasil akhir duel yang disaksikan oleh 8000 penonton adalah imbang tanpa gol.

Liga 1 Vietnam musim 2020 diikuti oleh 14 klub. Laga lanjutan kemarin merupakan pekan ketiga. Seperti diketahui, Ho Chi Minh City yang saat ini memimpin klasemen sementara diperkuat eks striker PSM Makassar di Liga 1 2019, Amido Balde (Guinea-Bissau).

Dihubungi Bola.com, Sabtu (6/6/2020), Balde mengaku senang Liga 1 Vietnam kembali dilanjutkan. Apalagi pertandingan di kompetisi Vietnam membolehkan suporter hadir langsung ke stadion untuk mendukung tim kesayangannya.

"Semoga kompetisi bisa berjalan lancar sampai akhir musim," ujar Balde. Menurut Balde, di Ho Chi Minh City, ia lebih fokus untuk selalu tampil baik bersama timnya.

Karena selain fasilitas yang dterimanya terbilang lumayan, ia juga diganjar gaji jauh lebih besar dibandingkan saat membela PSM Makassar.

Itulah mengapa penampilan awal Balde bersama Ho Chi Minh City terbilang baik. Di Piala AFC 2020, ia sudah mencetak tiga gol dalam tiga partai. Koleksi golnya terpaut dua gol dengan top skorer sementara, Bienve Maranón (Ceres-Negros FC) yang sudah mengemas lima gol buat klubnya di ajang kasta kedua kompetisi Asia ini.

Di Liga 1 Vietnam, Balde memang belum mencetak gol dalam tiga partai. Tapi, top skorer Piala Indonesia 2018-2019 ini sudah membuat dua assist dari empat gol klubnya musim ini. Rekan Balde di lini depan, Nguyen Xuan Nam untuk sementara jadi top skorer sementara dengan tiga gol.

2 dari 3 halaman

Rindu Atmosfer Liga 1

Ho Chi Minh tampaknya jadi klub yang tepat untuk mengembalikan kemampuan Balde. Secara kualitas Liga 1 Vietnam sedikit lebih baik dari Liga 1 bila acuannya hasil klub negara itu di Piala AFC 2019.

Musim lalu, dua klub Vietnam, Becamex Bình Dương dan Ha Noi saling berhadapan di final Piala AFC 2019 Zona Asean.Meski begitu, Balde mengaku rindu dengan atmosfer Liga 1.

"Saya memang mendapatkan fasilitas dan gaji yang lebih baik dibandingkan ketika bermain di Indonesia. Saya juga mendapat pelayanan yang baik di sini," kata Balde.

"Tapi, sebagai pemain, saya lebih suka dengan atmosfer kompetisi di Indonesia," kata tambahnya.

Wajar, kalau Balde lebih memuji atmosfer Liga 1 Indonesia. Apalagi saat bermain di Indonesia, ia memperkuat Persebaya Surabaya dan PSM Makassar yang memiliki basis suporter yang besar dan militan.

"Saat ini, saya fokus dulu bersama Ho Chi Minh City. Dulu selepas dari PSM, sebenarnya sudah ada klub Indonesia yang mengontak agen saya. Tapi, manajemen Ho Chi Minh City lebih serius mendekati saya," terang Balde.

Balde tak menampik dirinya ingin kembali bermain di Indonesia. "Keinginan itu tentu saja ada. Kita lihat saja nanti," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Pemain Bhayangkara FC, Jajang Mulyana Giat Lakukan Penyembuhan Tahap Akhir Pasca Cedera

Video Populer

Foto Populer