Sukses


Mengidolai Manchester United, Bagus Kahfi Simpan Hasrat Berkarier di Inggris

Bola.com, Jakarta - Cedera mengerikan tidak menghanguskan mimpi Bagus Kahfi untuk berkarier di Eropa. Penyerang Garuda Select ini punya keinginan membela klub Premier League suatu saat nanti.

Bagus Kahfi kini mulai terbiasa dengan budaya sepak bola Inggris. Pasalnya, dalam dua tahun belakangan, pemain berusia 18 tahun itu berlatih di Negeri Ratu Elizabeth bersama Garuda Select.

Di YouTube Yussa Nugraha, Bagus ditanyai mengenai negara yang ditujunya jika bisa berkompetisi di Eropa. Inggris masuk ke dalam daftar striker Timnas Indonesia U-19 ini.

"Kalau boleh memilih, saya ingin bermain di Eropa. Negara yang ingin dikunjungi? Negara yang paling bagus sepak bolanya. Inggris pastinya," ujar Bagus.

"Cuma untuk pemain Indonesia tak bisa langsung bermain di Inggris. Harus ada beberapa syarat yang dipenuhi," imbuh Bagus.

Untuk saat ini, Bagus Kahfi masih terkendala beberapa aturan untuk bermain di Inggris. Satu di antaranya ialah mengenai syarat mendapatkan izin kerja dari pemerintah setempat.

Video

2 dari 3 halaman

Penggemar Berat Manchester United

Karena tidak mampu menjawab klub Inggris apa yang ingin dibelanya, Bagus Kahfi ditanyai mengenai klub Premier League favoritnya. Dengan lantang, saudara kembar Bagas Kaffa ini menyebut Manchester United.

"Klub favorit saya itu Manchester United. Saya nge-fans sekali dengan mereka," kata pemain kelahiran Magelang, Jawa Tengah ini.

Dalam beberapa kesempatan, Bagus memang kerap mengenakan seragam Manchester United. Pada suatu unggahannya di Instagram @baguskahfiii, pemain berambut krribo ini berlatih dengan seragam berwarna pink dibantu dengan tongkat pembantu jalan.

Saat ini, Bagus masih dalam tahap pemulihan cedera patah tulang kaki dan pergeseran ligamen yang dialaminya ketika membela Garuda Select pada Maret 2020. Pemain Barito Putera ini diprediksi baru bisa sembuh sekitar enam bulan lagi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by KRIBO! (@baguskahfiii) on

3 dari 3 halaman

Izin Kerja di Inggris

Izin kerja atau work permit adalah satu syarat yang diperlukan oleh pesepak bola asing yang ingin berkarier di Premier League. Ingat, pesepak bola adalah pekerja, dan pekerja membutuhkan izin kerja.

Adapun work permit awalnya hanya dibutuhkan oleh pemain non-Uni Eropa. Namun, setelah Brexit, maka penggunaannya menjadi melebar ke pemain non-Inggris Raya juga.

Secara fisik, izin kerja adalah surat atau dokumen dari UK Home Office yang berisi perizinan bekerja di Inggris. Sangat jelas maknanya, tapi sangat tidak mudah mendapatkannya, terutama Premier League menerapkan peraturan yang ketat. Sebagus apapun kemampuan Bagus misalnya, belum tentu ia bisa bermain di Premier League karena sejumlah ketentuan.

Syarat umum dari Premier League adalah seorang pesepak bola non-Inggris Raya harus sudah membela tim nasionalnya sekian persen dalam dua tahun sebelumnya.

Sebagai contoh, Timnas Polandia bermain sebanyak 10 kali dalam dua tahun belakangan, namun Robert Lewandowski hanya bermain satu kali, maka belum tentu bisa mendapatkan izin kerja dari UK Home Service.

Premier League juga mengacu pada ranking FIFA. Pemain yang berasal dari negara yang berperingkat 1-10 bisa mendapatkan izin kerja di Inggris jika bermain sebanyak 30 persen dari pertandingan internasional selama dua tahun belakangan. Berikut ketentuannya:

  • Ranking 1-10, 30 persen
  • Ranking 11-20, 45 persen
  • Ranking 21-30, 60 persen
  • Ranking 31-50, 75 persen

Dilihat dari ketentuan di atas, maka peluang untuk melihat pemain Indonesia bermain di Premier League sangat sulit sebab Premier League mengharuskan pesepak bola non-Inggris berasal dari negara yang peringkat FIFA-nya 50 besar.

Jika ada pemain yang tidak memenuhi kriteria tersebut, mereka bisa mengajukan banding. Ada pun harga pemain tersebut haruslah tinggi, gajinya juga besar, sebab ini menandakan betapa pemain tersebut sangat bagus dan bisa berpengaruh signifikan buat Premier League.

Video Populer

Foto Populer