Sukses


Cerita Ferdinand Sinaga Tentang 2 Gol PSM ke Gawang PSS pada Pekan Pertama Liga 1 2020

Bola.com, Makassar - Ferdinand Sinaga sejatinya digadang-gadang kembali bersinar bersama PSM Makassar pada musim 2020. Ia memulai musim ini dengan menjadi pencetak gol terbanyak Juku Eja di Piala AFC 2020, di mana ia sudah mencetak sembilan gol di ajang kasta kedua kompetisi Asia itu. Jumlah gol Ferdinand terhitung sejak babak kualifikasi menghadapi Lalenok United (Timor Leste).

Kehadiran Bojan Hodak yang masuk menggantikan peran pelatih musim lalu, Darije Kalezic, jadi berkah tersendiri buat Ferdinand Sinaga. Pada era Bojan, ia lebih banyak mendapatkan menit bermain. Sayang, Liga 1 2020 sementara terhenti akibat pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Pada laga perdana Liga 1 2020, Ferdinand menunjukkan kapasitasnya sebagai penyerang papan atas Indonesia. Ia mencetak satu gol dan satu assist ke untuk membawa Juku Eja menekuk PSS Sleman 2-1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, 1 Maret. Dua gol PSM itu tercipta lewat bola mati.

Dalam channel Youtube PSM Makassar, Ferdinand Sinaga menceritakan proses di balik terciptanya dua gol itu. Gol pertama pada menit ke-39, berawal dari pelanggaran yang dilakukan lini belakang PSM terhadap Ferdinand. PSM pun mendapat hadiah tendangan bebas.

"Saya dan Wllly (Wiljan Pluim) siap jadi eksekutor. Begitu pun dengan Serif Hasic yang datang dari belakang. Tapi, Willy mempersilakan saya yang mengeksekusi tendangan bebas itu. Alasannya, posisi bola lebih pas untuk saya," ujar Ferdinand.

Analisa Pluim terbukti benar. Bola hasil tendangan kaki kiri Ferdinand berhasil melewati pagar pemain PSS dan megarah ke sudut kiri gawang yang dikawal Ega Rizky Pramana.

"Saya senang sekali saat itu karena sebelumnya sudah delapan tahun saya tidak mencetak gol lewat tendangan bebas," ungkap pemain terbaik Liga Super Indonesia 2014 bersama Persib Bandung ini.

Ferdinand pula jadi aktor utama di balik gol kedua PSM yang juga tercipta via bola mati pada menit ke-58.

"Sebelum mengambil tendangan bebas, saya memberi kode kepada Serif Hasic dan Hussein El Dor untuk masuk ke kotak penalti PSS. Melihat posisi Hussein yang lebih menguntungkan, saya pun mengarahkan bola ke kepadanya dan gol pun tercipta," kisah Ferdinand Sinaga.

Video

2 dari 3 halaman

Selebrasi Buat PSM dan Keluarga

Pada kesempatan itu, Ferdinand Sinaga juga berbagi momen kegembiraannya menyambut dua gol PSM itu, di mana sesaat setelah terjadi gol, ia selalu berlari ke arah bench PSM untuk berbahagia dengan tim, terutama dengan keluarganya yang berada di VIP Utara yang posisinya tepat di belakang bench.

"Seperti sebelumnya, kalau mencetak gol saya pasti menyapa istri dan selebrasi dengan mencium cincin kawin. Selebrasi ini merupakan bentuk rasa cinta saya kepada istri yang setia mendukung karier saya," kata Ferdinand.

Bagi Ferdinand, aksi manisnya itu juga sekaligus pembuktian ucapannya sehari sebelum pertandinngan, di mana ia menjanjikan sebuah kemenangan agar suporter PSM bahagia.

"Bagi saya tidak penting menjadi starter atau bermain penuh. Yang utama adalah berguna buat tim," ujar Ferdinand.

Sejak dua musim lalu, Ferdinand memang jarang tampil penuh buat PSM. Tetapi, setiap musim, ia selalu menjadi top scorer di PSM. Pada musim lalu, ia mengemas sembilan gol buat PSM di Shopee Liga 1 2019.

3 dari 3 halaman

Statistik Ferdinand di PSM

  • TSC 2016: 23 Laga/ 1985 Menit Bermain/ 10 Gol/5 Assist
  • Liga 1 2017: 27 Laga/1804 Menit Bermain/12 Gol/3 Assist
  • Liga 1 2018: 30 Laga/1550 Menit Bermain/10 Gol/2 Assist
  • Liga 1 2019: 28 Laga/1338 Menit Bermain/9 Gol/0 Assist
  • Piala Indonesia 2018-2019: 6 Laga/228 Menit Bermain/3 Gol/0 Assist
  • Piala AFC Cup 2019: 3 Laga/39 Menit Bermain/1 Gol/0 Assist
  • Piala AFC 2020 (termasuk play-off): 5 laga/339 Menit Bermain/6 gol/0 Assist
  • Liga 1 2020: 3 Laga/132 Menit Bermain/1 gol/1 Assist

Video Populer

Foto Populer