Sukses


Daftar 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 2021, Patriot dan Pakansari Tidak Terpilih

Bola.com, Jakarta - PSSI telah finalisasi enam dari sebelas stadion yang dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Ada dua stadion yang diperkirakan bakal termasuk tapi gagal terpilih, yaitu Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Enam stadion yang telah diajukan PSSI ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) meliputi Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Adapun, selain Stadion Patriot dan Stadion Pakansari, tiga stadion lainnya yang tereliminasi dari kandidat venue untuk Piala Dunia U-20 2021 terdiri dari Stadion Utama, Riau, Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, dan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

"Suratnya sudah masuk ke KemenPUPR. Ada enam stadion. Jadi hampir semua provinsi terwakili. Stadion Jakabaring terpilih karena memang sudah pernah menggelar event besar di sana seperti Asian Games 2018 dan mewakili Pulau Sumatera," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

"Nanti tinggal KemenPUPR untuk merevitalisasi stadion-stadion Piala Dunia U-20 2021 yang belum siap. Tapi untuk stadion yang menjadi tuan rumah, cukup mendekati final. Apalagi Manahan, sudah jelas. SUGBK tinggal dipoles sedikit mungkin. Sudah single seat. Hanya mungkin lapangan latihan yang ditambahkan untuk stadion lainnya. Itu yang akan segera ditindaklanjuti," ujar pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Video

2 dari 4 halaman

Berharap KemenPUPR Bergerak Cepat

Iwan Bule berharap KemenPUPR bergerak cepat untuk mempercantik enam stadion tersebut dan menambah infrastruktur lainnya semisal lapangan latihan. Dua bulan sebelum Piala Dunia U-20 2021 dimulai alias pada Maret tahun depan, segala persiapan harus rampung.

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama pemerintah dan KemenPUPR untuk membangun infrastruktur penunjang. Karena waktu makin mendesak. Sekarang sudah Juni 2020. Februari atau Maret tahun depan sudah harus selesai," ucap Iwan Bule.

"Sebab, Mei 2021 sudah dipakai untuk Piala Dunia U-20 2021. Dua bulan sebelum turnamen berlangsung, sudah harus selesai stadion-stadion itu," jelasnya.

3 dari 4 halaman

6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 2021

1. Stadion Gelora Jakabaring, Palembang

2. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta

3. Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung

4. Stadion Manahan, Solo

5. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya

6. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar

4 dari 4 halaman

5 Stadion yang Tidak Terpilih

1. Stadion Utama, Riau

2. Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi

3. Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi

4. Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor

5. Stadion Mandala Krida, Yogyakarta

Video Populer

Foto Populer