Sukses


Piala Dunia U-20 2021: Tinggal 2 Stadion Lagi yang Menunggu Ditinjau FIFA

Jakarta - Rapat terbatas (ratas) kabinet yang berlangsung pada hari ini, Rabu (1/7/2020), di Istana Negara, Jakarta Pusat, dan dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah memutuskan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Kendati, dua di antaranya belum ditinjau oleh FIFA.

Dua venue yang dimaksud yaitu Gelora Jakabaring Palembang dan Si Jalak Harupat Bandung. Keduanya menggantikan Pakansari Kabupaten Bogor dan Mandala Krida Yogyakarta.

Sementara empat stadion yang telah ditinjau oleh FIFA ialah Gelora Bung Karno Jakarta, Kapten I Wayan Dipta Bali, Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Manahan Solo.

"Tadi diputuskan, tetapi sambil menunggu FIFA. Jadi keputusan tadi itu penting untuk segera diambil karena Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membutuhkan kepastian, baik untuk persiapan admnistrasi, maupun pengerjaan secara fisik," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali saat sesi jumpa pers di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

"Nah kalau FIFA memutuskan lain, ya tentu baru akan disesuaikan. Tetapi yang jelas dari enam stadion itu empat sudah pasti dan tidak berubah. Nah tinggal yang dua ini sambil dikerjakan."

"Maka tadi keputusannya adalah minta supaya PSSI segara berkomunikasi dengan FIFA untuk memutuskan itu. Karena ini pekerjaan bukan hanya sehari dua hari," tambah menteri berusia 58 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Keputusan FIFA

Bila nantinya Stadion Gelora Jakabaring dan Si Jalak Harupat tak disetujui oleh FIFA, Menpora mengaku tak masalah. Namun, ia tetap berharap dua venue tersebut bisa digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021.

"Kita berharap FIFA akan menyesuaikan dengan apa yang dipersiapkan. Tapi kalau tidak ya kita harus segera bisa menyesuaikan itu," imbuh Menpora.

Ratas kabinet pada hari ini juga membentuk panitia penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 yang bernama INAFOC (Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee). INAFOC akan diketuai oleh Menpora.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer

Foto Populer