Sukses


Termasuk Bintang Timnas Indonesia, 5 Wonderkid yang Bakal Meramaikan Piala Dunia U-20 2021

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia U-20 2021 akan digelar di Indonesia pada musim panas tahun depan. Jika tak ada kendala, perhelatan akbar sepak bola junior tersebut bakal digelar mulai 20 Mei dan berakhir pada 12 Juni 2021.

Masih ada waktu selama kurang lebih 10 bulan untuk menyongsong Piala Dunia U-20 2021 yang akan menjadi perhelatan besar di Indonesia. Sajian performa pemain-pemain muda dari semua belahan dunia bakal tersaji dalam enam stadion terpilih nantinya, termasuk Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

Saat ini memang baru Indonesia yang sudah memastikan diri berkiprah di Piala Dunia U-20 2021 karena statusnya sebagai tuan rumah.

Masih ada 23 tim lagi yang harus lebih dulu memastikan diri mendapatkan tiket Piala Dunia U-20 2021 melalui babak kualifikasi yang merupakan turnamen level benua yang digelar oleh masing-masing konfederasi.

Dari 23 tiket, lima di antaranya menjadi milik tim-tim asal Eropa. Empat tim yang menembus semifinal Piala Eropa U-19 2020, yang masih tertunda perhelatannya karena pandemi COVID-19, plus pemenang play-off yang mempertemukan dua tim peringkat ketiga dari dua grup yang ada di kejuaraan tersebut, akan hadir di Indonesia.

Selain itu, ada empat konfederasi yang akan diwakili empat tim terbaiknya, yaitu Asia (AFC), di luar Indonesia sebagai tuan rumah, Afrika (CAF), Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF), dan Amerika Selatan (CONMEBOL). Sementara Oseania (OFC) akan diwakili oleh dua tim.

Selain UEFA yang terpaksa menunda Piala Eropa U-19 2020, OFC dan CONCACAF juga melakukan hal yang sama. Sementara AFC masih melihat situasinya karena Piala AFC U-19 2020 rencananya akan digelar pada Oktober mendatang.

Sementara itu, seperti halnya AFC yang baru akan menggelar kejuaraan pada Oktober, CAF dan CONMEBOL baru akan menggelar kejuaraan di konfederasi mereka pada awal 2021.

Meski kejuaraan-kejuaraan di setiap konfederasi yang juga menjadi fase kualifikasi Piala Dunia U-20 2021 itu belum bergulir dan belum ada satu pun tim yang memastikan diri lolos selain Timnas Indonesia U-19 yang menjadi tim tuan rumah, sejumlah pemain muda sudah mulai mendapatkan menit bermain di klub masing-masing.

Bola.com kali ini mengulas lima pemain, termasuk bintang Timnas Indonesia U-19, yang punya potensi untuk tampil dan cemerlang di Piala Dunia U-20 2021.

2 dari 7 halaman

Gabriel Martinelli (Brasil)

Gabriel Martinelli merupakan masa depan Timnas Brasil. Setelah meninggalkan kampung halamannya dan menjajal peruntungan di Premier League bersama Arsenal, Martinelli mampu memperlihatkan daya saing yang bagus di lini serang.

Bergabung sejak awal musim 2019-2020, Martinelli hingga pekan ke-33 Premier League sudah tampil 26 kali di semua kompetisi hingga saat ini dan mencetak 10 gol untuk Arsenal, di mana 3 di antaranya dicetak di Premier League, dan 3 lainnya di Liga Europa.

Martinelli pun masih punya kesempatan untuk memberikan prestasi untuk Arsenal, di mana klub London utara tersebut saat ini masih bersaing di Piala FA dan akan memainkan laga semifinal menghadapi Manchester City pada 19 Juli mendatang.

Menembus skuat The Gunners dan telah memperlihatkan ketajamannya di sebuah kompetisi yang dikategorikan terbaik di dunia, Gabriel Martinelli pasti akan menjadi andalan Brasil di Kejuaraan Sudamericano Sub20 2021.

Jika mampu membawa Brasil menembus empat besar, Martinelli kemungkinan besar bakal tampil di Indonesia saat Piala Dunia U-20 2021 digelar.

3 dari 7 halaman

Mason Greenwood (Inggris)

Satu lagi bintang muda yang cemerlang di Premier League pada musim ini dan punya potensi besar berlaga di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Mason Greenwood tampil apik bersama Manchester United di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Greenwood merupakan binaan akademi youth Manchester United. Ia sudah bergabung bersama The Red Devils sejak usia enam tahun pada 2007.

Setelah melalui akademi selama 10 tahun lebih, Greenwood masuk dalam skuat Manchester United U-18 dan menjadi top scorer Premier League North U-18 dengan 17 gol dalam 21 laga.

Ia mulai mendapatkan menit bermain di tim utama Manchester United sejak musim lalu, di mana Greenwood tampil dalam tiga pertandingan saja. Namun, pada musim ini, Greenwood mendapat kepercayaan lebih dari Ole Gunnar Solskjaer.

Manajer Manchester United itu sudah memberikan kepercayaan kepadanya dalam 26 pertandingan, di mana 19 laga di antaranya memang berangkat dari bangku cadangan. Kepercayaan Solskjaer pun dibayar oleh Greenwood dengan delapan gol yang sudah dicetaknya di Premier League musim ini.

Performa apiknya bersama The Red Devils tentu bisa menjadikannya andalan Timnas Inggris seandainya melangkah ke Piala Dunia U-20 2021. Namun, sebelum itu, Greenwood harus bisa memastikan Inggris bisa bisa menembus semifinal Piala Eropa U-19 2020 terlebih dulu.

 

4 dari 7 halaman

Takefusa Kubo (Jepang)

Pemain muda asal Jepang ini tengah meniti karier di Spanyol. Pernah menjalani pendidikan di La Masia yang merupakan akademi sepak bola milik Barcelona itu, kini Takefusa Kubo menjadi milik Real Madrid.

Namun, baru bergabung dengan Real Madrid pada musim ini, Kubo dipinjamkan oleh Los Blancos ke Real Mallorca. Keputusan tersebut sangat tepat, pemain yang baru genap berusia 19 tahun pada Juni lalu itu tampil baik bersama Mallorca.

Kubo tercatat tampil dalam 31 laga bersama Mallorca, yang artinya hampir 90 persen dari jumlah pertandingan hingga jornada 34 sudah didapatkannya. Gelandang kelahiran Kawasaki, Kanagawa, itu sejauh ini sudah mencetak tiga gol untuk Mallorca dan mampu tampil konsisten di La Liga.

Kubo dipastikan bakal menjadi andalan Jepang di Piala AFC U-19 2020 pada Oktober mendatang. Jepang berada satu grup dengan Korea Selatan, Irak, dan Bahrain. Jika mampu membawa Jepang melaju ke semifinal, Kubo hampir dipastikan bakal beraksi di Indonesia pada Piala Dunia U-20 2021.

5 dari 7 halaman

Lee Kang-in (Korea Selatan)

Pemain muda asal Korea Selatan ini sudah bergabung bersama Valencia sejak 2011, di mana saat masuk di level akademi itu usianya baru 10 tahun. Pada 2017, Lee Kang-in mendapatkan kesempatan untuk bermain bersama Valencia Mestalla atau tim B dari Valencia.

Pada musim 2018-2019, tepatnya pada 30 Oktober 2018, pemain muda asal Incheon itu berhasil mendapatkan debutnya di tim utama Valencia dan bermain selama 83 menit ketika menang 2-1 atas CD Ebro di Copa del Rey.

Debut La Liga diraih Lee Kang-in pada 12 Januari 2019. Ia masuk ke lapangan menggantikan Denis Cheryshev pada menit ke-86 saat bermain imbang 1-1 dengan Real Valladolid.

Pada musim perdananya bersama tim senior Valencia, Lee Kang-in tampil dalam tiga pertandingan La Liga dengan total hanya 21 menit bermain. Sementara di musim ini, Lee Kang In sudah mendapatkan 13 kali kesempatan tampil, 2 di antaranya sebagai starter.

Sementara di level tim nasional, Lee Kang-in sudah merasakan aura bermain di Piala Dunia U-20. Ya Lee Kang-in mengantar Korea Selatan mencapai final Piala Dunia U-20 2019 di Polandia.

Tidak hanya mencetak gol di pertandingan final menghadapi Ukraina, Lee Kang-in juga terpilih menjadi pemain terbaik dalam kejuaraan tersebut. Dengan usia yang masih mencukupi pada 2021 mendatang, bukan mustahil jika Lee Kang-in kembali menjadi andalan Korea Selatan ketika tampil di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

6 dari 7 halaman

Beckham Putra Nugraha (Indonesia)

Gelandang Persib Bandung ini diproyeksikan bakal menjadi andalan Timnas Indonesia dalam membangun serangan dari lini tengah. Beckham Putra Nugraha telah memperlihatkan kemampuan yang luar biasa bersama Persib maupun Timnas Indonesia U-16.

Beckham Putra menjadi bagian dari skuat Persib yang menjadi juara Liga 1 U-19 2018, di mana adik dari Gian Zola Nasrulloh itu mampu menjadi top scorer dengan 9 gol.

Performa apik yang diperlihatkannya bersama Persib U-19 membuatnya mendapatkan kesempatan untuk naik ke tim senior pada Liga 1 2019. Beckham tercatat bermain dalam empat pertandingan sebagai pemain pengganti.

Selain itu, Beckham Putra juga masuk dalam skuat Garuda Muda yang tampil di Piala AFF U-19 2019. Ia mengantar tim asuhan Fakhri Husaini itu menjadi tim peringkat ketiga, di mana dua gol dipersembahkannya di laga perebutan tempat ketiga dan total mencetak empat gol di sepanjang kejuaraan.

Sebagai tim tuan rumah, Timnas Indonesia sudah dipastikan bakal tampil di Piala Dunia U-20 2021. Dengan demikian, Beckham Putra Nugraha diperkirakan bakal menjadi andalan di lini tengah dalam membangun serangan dan membantu pemain di lini depan, semisal Sutan Zico atau Bagus Kahfi.

7 dari 7 halaman

Video

Wawancara Elkan Baggott

Video Populer

Foto Populer