Sukses


Mantan Pemain Persib Minta PSSI dan Shin Tae-yong Segera Cari Jalan Terbaik

Bola.com, Jakarta - Mantan pemain Persib Bandung era 2004-2006, Usep Munandar, menyoroti persiapan Timnas Indonesia U-20 menghadapi Piala Dunia U-20 2021. Dia berharap PSSI dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, segera mencari jalan terbaik karena event akbar tersebut sudah di depan mata.  

Hingga saat ini, Timnas Indonesia U-19 belum juga melakukan persiapan menyongsong Piala AFC dan khususnya Piala Dunia U-20 2021. Piala AFC akan digelar di Uzbekistan, Oktober dan Piala Dunia U-20 akan dihelat Mei, 2021 dan Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Belum adanya kejelasan soal Training Camp Garuda Muda itu disebabkan memanasnya hubungan PSSI dengan pelatih kepala Shin Tae-yong. Kedua belah pihak sama-sama ngotot dengan pendiriannya sendiri.

Jika PSSI meminta Shin Tae-Young kembali dulu ke Indonesia, Shin Tae-Young bersikeras melaksanakan TC di Korea Selatan. Meski PSSI sudah melunak, Shin-Tae Young belum juga kembali ke Indonesia.

Perseteruan PSSI dengan Shin Tae-Young itu memantik reaksi publik yang berharap Garuda Muda bisa berprestasi di Piala Dunia U-20 201. Usep Munandar meminta kedua belah pihak mencari jalan terbaik agar persiapan bisa segera dilaksanakan.

"PSSI dan Shin Tae-yong harus menyadari Piala Dunia U-20 sudah di depan mata. Sepak bola Indonesia ini ribut terus," kata Usep Munandar kepada Bola.com, Kamis (16/7/2020).

Menurut Usep Munandar, Shin Tae-yong dan PSSI harus bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk melakukan persiapan dengan matang. Jangan sampai, Garuda Muda tampil di Piala Dunia U-20 2021 tidak sesuai harapan dan hanya numpang lewat.

 

2 dari 2 halaman

Uji Kekuatan

Piala AFC U-19 2020 pada Oktober seharusnya bisa dijadikan uji kekuatan Garuda Muda, agar di Piala Dunia U-20 benar-benar bisa tampik maksimal dan membanggakan masyarakat Indonesia.

"Sebentar lagi kan Piala AFC, bagus itu untuk melihat kekuatan tim, sebelum tampil di Piala Dunia nanti. Di Piala AFC harus bisa dijadikan ajang melihat kualitas para pemain, agar di Piala Dunia U-20 2021 benar-benar yang dibawa pemain yang mempunyai kemampuan terbaik," ungkapnya.

Yang paling ditakutkan Usep Munandar adalah perseteruan PSSI dan Shin Tae-Yong bisa memengaruhi mental dan semangat pemain. Apalagi, saat ini semua orang bisa dengan mudah mengakses berita di Internet atau sosial media.

"Besar atau kecilnya pasti akan berpengaruh kepada mental pemain kalau keributan ini terus terjadi. Para pemain itu kan sekarang dengan mudah bisa akses ke internet, atau sosial media. Makanya, sudahlah jangan ribut terus, ayo segera lakukan persiapan yang matang. Piala Dunia di depan mata," tutur Usep Munandar. 

Video Populer

Foto Populer