Sukses


VIDEO: Piala Dunia U-20 dan Piala AFC U-19 Sudah di Depan Mata, Bagaimana Persiapan Timnas Indonesia U-19 ?

Bola.com, Jakarta Gelaran Piala Dunia U-20 tinggal hitungan bulan. Selain itu turnamen Piala AFC U-19 2020 sudah ada di depan mata, bagaimana persiapan timnas Indonesia U-19 sejauh ini ?

Garuda Muda akan tampil di Piala Dunia U-20 yang akan dihelat pada Mei 2021 setelah Indonesia ditunjuk sebagai tuan tumah oleh FIFA. Sesuai dengan aturan FIFA, tuan rumah berhak mendapatkan satu slot di perhelatan dunia itu. Tim besutan Shin Tae-yong itu bakal tampil di Piala Dunia U-20 2021 dan akan menjadi pusat perhatian dunia khususnya di Indonesia. Sorotan tersebut tentu saja membuat beban Timnas Indonesia U-19 tak ringan. Apalagi mereka berstatus sebagai tim tuan rumah pada edisi Piala Dunia U-20 2021.

Jalur tuan rumah itulah yang membuat Timnas Indonesia U-19 bisa tampil di Piala Dunia U-20 2021. Butuh waktu menunggu sampai 45 tahun untuk bisa kembali tampil di turnamen bergengsi itu. Presiden Joko Widodo ingin Indonesia tak hanya sukses dalam penyelenggaraan. Timnas Indonesia U-19 diharapkan mampu berpartisipasi sekaligus berprestasi. "Berharap maksimal tidak hanya sampai penyisihan karena kami ini lolos sebagai tuan rumah, bukan kualifikasi, jadi jatah kami sebagai tuan rumah harus dimanfaatkan dengan benar-benar. Harapan Presiden harus berprestasi maksimal, tentu beliau juga realistis," kata Zainudin Amali pada awal Juli 2020.

Semula PSSI membebani Timnas Indonesia U-19 dengan target lolos sampai perempat final. Namun, belakangan target itu direvisi yakni hanya lolos dari babak penyisihan grup. Sebelum berlaga di Piala Dunia U-20 2021, pasukan Shin Tae-yong lebih dulu mengukur kemampuan di Piala AFC U-19 2020. Ini bisa menjadi tolok ukur dari kesiapan Timnas Indonesia U-19.

Namun, melihat dinamika kondisi persepakbolaan di tanah air saat ini ditambah belum meredanya wabah COVID-19, bagaimana sesungguhnya persiapan yang dilakukan Timnas Indonesia U-19 sejauh ini? Gorila Sport membuat ulasan singkat dalam bentuk motion grafis mengenai persiapan timnas Indonesia U-19 dalam menghadapi Piala Dunia U-20 dan Piala AFC U-19 yang sebentar lagi akan digelar.

Video Populer

Foto Populer