Sukses


4 Pemain Debutan di Timnas Indonesia, Didominasi Sosok Muda Berkualitas

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan yang berlangsung di Jakarta. Pemusatan latihan itu digelar mulai 23 Juli sampai 8 Agustus mendatang.

Para pemain yang dipanggil Timnas Indonesia mayoritas adalah wajah lama, namun didominasi pemain muda. Meski begitu, ada juga wajah baru yang tak disangka-sangka mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong.

Padahal, pada wajah baru tak banyak mendapatkan kesempatan bermain di klub yang dibelanya. Namun, Shin Tae-yong tampaknya memiliki penilaian berbeda terkait sosok-sosok tersebut.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia ini menjadi edisi kedua di bawah asuhan Shin Tae-yong. Sebelumnya, Timnas Indonesia senior juga telah mengikuti pemusatan latihan pada Februari lalu.

Ini merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia untuk melakoni tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Secara matematis, Timnas Indonesia memang sudah tak punya peluang, namun bertekad memperbaiki peringkat di ranking FIFA.

Laga-laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 juga bisa dijadikan tolok ukur kesiapan Piala AFF 2020. Apalagi turnamen tersebut menjadi target Shin Tae-yong untuk memberikan trofi perdana buat Timnas Indonesia.

Lantas, siapa saja pemain debutan di Timnas Indonesia? Berikut ini empat wajah baru yang dapat kesempatan unjuk gigi di pemusatan latihan Timnas Indonesia:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

I Kadek Agung Widnyana

I Kadek Agung Widnyana mengalami peningkatan karier setelah masuk dalam daftar pemain untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia senior. Sebelumnya, Kadek hanya mampu tampil bersama Timnas Indonesia U-22.

Pemanggilan Kadek Agung dilakukan karena musim ini mampu bermain untuk tim utama Bali United. Kadek Agung tercatat tampil selama 34 menit dalam dua pertandingan Bali United di Shopee Liga 1 2020.

Kadek Agung ingin menjadikan TC ini sebagai ajang unjuk kemampuan untuk memikat pelatih Shin Tae-yong. Pemain 22 tahun itu berharap bisa mendapatkan kesempatan membela Timnas Merah Putih.

"Target pribadi tentu ingin menampilkan permainan terbaik dalam proses TC ini hingga terpilihnya tim yang berlaga Internasional nanti. Saya berharap bisa mendapat satu tempat di tim senior ini dan pemain asal Bali juga bisa langganan Timnas Indonesia," tegas Kadek Agung.

3 dari 5 halaman

Miswar Saputra

Miswar Saputra juga menjadi pemain kejutan yang dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Kiper 24 tahun itu sebelumnya belum pernah mendapatkan kesempatan berada di bawah mistar gawang Timnas Indonesia.

Keputusan pemanggilan Miswar Saputra diyakini dengan mempertimbangkan penampilan apiknya musim ini bersama PSM Makassar dan Persebaya Surabaya musim lalu. Musim ini, Miswar Saputra baru bermain sekali bersama PSM Makassar.

Miswar Saputra dikenal sebagai kiper lincah dan memiliki postur tubuh mumpuni yakni 183 cm. Keunggulan itulah yang membuatnya layak mendapatkan kesempatan.

4 dari 5 halaman

Kushedya Hari Yudo

Penampilan cemerlang Kushedya Hari Yudo di Shopee Liga 1 2020 berbuah manis. Pemain 27 tahun itu mendapatkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia.

Kushedya Hari Yudo musim ini memang tampil memukau di lini depan Arema. Kushedya Hari Yudo sukses mencetak dua gol dalam tiga laga di Shopee Liga 1 2020.

Kushedya Hari Yudo bersyukur bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Membela Timnas Indonesia, dikatakan Hari Yudo adalah impiannya sejak kecil.

"Jadi pemain timnas Indonesia itu mimpi masa kecil saya. Tentu saya bersyukur sekarang dapat kesempatan ini," kata Hari Yudo.

5 dari 5 halaman

Arif Satria

Arif Satria menjadi wajah baru dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia. Bek Persebaya Surabaya itu tak menyangka bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pemusatan latihan di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Pemanggilan ini diyakini karena Shin Tae-yong terkesan dengan penampilan Arif Satria dalam laga pembuka Shopee Liga 1 2020. Ketika itu, Arif Satria berjibaku di lini belakang Persebaya untuk menghalau serangan Persik Kediri.

Itu menjadi satu-satunya laga yang dimainkan Arif Satria bersama Persebaya sejauh ini. Meski demikian, penampilannya sudah cukup mampu meyakinkan Shin Tae-yong untuk memanggil Arif Satria ke pemusatan latihan.

"Senang, akan tetapi juga kaget mendapatkan kabar pemanggilan untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia karena ini yang pertama. Targetnya adalah semoga bisa maksimal dan saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk Timnas," tegas Arif Satira.

Video Populer

Foto Populer