Sukses


PFF Turun Tangan Agar Ceres-Negros Bisa Tampil Menggunakan Nama Baru di Piala AFC 2020

Bola.com, Manila - Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) turun tangan untuk melobi AFC. Langkah itu dilakukan agar Ceres-Negros diberi izin menggunakan nama baru yakni United City FC saat berlaga di Piala AFC 2020.

Ceres-Negros resmi mengganti nama klub menjadi United City Football Club sejak Jumat (24/7/2020). Kepastian itu terjadi setelah diakusisi oleh MMC Sportz Asia.

Namun, pergantian nama itu membuat klub asal Filipina tersebut terancam dicoret dari Piala AFC 2020. Penyebabnya adalah adanya regulasi yang tertuang pada pasal 4 ayat 4 di AFC melarang pergantian nama klub setelah tampil dalam turnamen.

"Klub peserta tidak diperbolehkan untuk mengganti nama setelah melakoni pertandingan pertama," bunyi pasal tersebut.

PFF langsung bergerak cepat dengan mengirimkan surat kepada AFC. Isinya agar AFC memberikan izin kepada Ceres-Negros menggunakan nama baru untuk bisa tampil di Piala AFC 2020.

"Kami telah menuliskan surat ke AFC. Isinya adalah mengatakan kepada mereka ini adalah klub yang sama, kecuali pemiliknya," kata Presiden PFF, Mariano Araneta, seperti dikutip ABS-CBN, Jumat (31/7/2020).

"Ada perubahan kepemilikan, namun pada dasarnya tim yang sama, pemain yang sama. Saya rasa AFC akan menyetujui itu," tegas Mariano Araneta.

Ceres-Negros sebelumnya menjadi pemuncak Grup G Piala AFC 2020 dengan raihan tujuh poin. Ceres-Negros satu grup dengan wakil Indonesia, yakni Bali United.

2 dari 3 halaman

Cegah Pemain ke Indonesia

Setelah berganti nama, United City Football Club berusaha mempertahankan eks pemain Ceres-Negros yang berkualitas. Langkah itu dilakukan untuk mencegah para talenta berbakat tersebut pindah dan berkarier di Indonesia.

Ceres-Negros diakusisi dari pemilik sebelumnya, Leon Rey Yanson. Langkah itu diambil setelah Ceres-Negros mengonfirmasi kebangkrutan karena dihantam pandemi virus corona.

Setelah berganti nama, United City Football Club langsung mengikat nama-nama pemain berkualitas yang pernah membela Ceres-Negros. Upaya itu dilakukan agar United City Football Club bisa melanjutkan sukses Ceres-Negros di Philippines Football League (PFL) 2020.

"Kami akan mencoba mempertahankan talenta lokal yang penting dan mendukung pengembangan PFL. Sehingga kami dapat mulai membawa beberapa pemain kembali ke Filipina alih-alih melepas mereka ke liga saingan di Thailand atau Indonesia," kata Co-founder United City Football Club, Eric Gottschalk, seperti dikutip di Facebook resmi klub, Kamis (30/7/2020).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer