Sukses


Melihat Prosesi Pemotongan Hewan Kurban, Mantan Bek Arema FC Lakukan Hal Nyeleneh

Bola.com, Malang - Mantan bek Arema FC, Ikhfanul Alam, merasakan pengalaman baru pada momen Hari Raya Iduladha yang jatuh pada Jumat (31/7/2020). Pemain yang kini berseragam Perseru Badak Lampung FC itu melakukan hal nyeleneh dengan memakan bagian dari hewan kurban yang masih mentah, yaitu bagian sumsum tulang.

Pengalaman ini berawal dari kehadiran Ikhfanul Alam sebagai perwakilan pesepak bola Malang yang tergabung dalam Dokjreng FC di sebuah tempat di Kabupaten Malang untuk menyaksikan prosesi pemotongan hewan kurban. Kebetulan Dokjreng FC ikut serta dengan mengurbankan beberapa ekor kambing.

Pada kesempatan itu, Ikhfanul Alam tidak datang sendirian, tapi bersama mantan kiper Deltras Sidoarjo, Yanuar Tri Firmanda, gelandang Arema FC, Jayus Hariono, dan mantan pemain Borneo FC, Edy Gunawan. Saat itulah momen nyeleneh dilakukan oleh Ikhfanul Alam.

"Awalnya Jayus dan Mas Yanuar yang mencoba makan sumsum tulang mentah, tapi mereka langsung muntah. Saya kemudian mendekat dan ikut mencobanya, ternyata tidak muntah," ujar Ikhfanul Alam.

"Saya tidak tahu apa khasiatnya. Setelah saya menelannya, saya baru bertanya, dan katanya biar kuat," lanjut bek berusia 28 tahun yang musim lalu berseragam Arema FC itu.

 

2 dari 3 halaman

Sudah Terbiasa

Ternyata memang ada faktor yang memengaruhi ketahanan Ikhfanul Alam menelan bagian hewan yang masih mentah itu. Selain menjadi pesepak bola, ia merupakan anggota Brimob Polri. Saat menjalani pendidikan, hal yang lebih seram pernah dijajalnya, yaitu memakan empedu dan darah ular kobra.

"Mungkin karena menjadi anggota Brimob, saya menjadi tidak jijik dengan hal seperti itu," ujarnya.

Memakan bagian tubuh kambing yang masih mentah, seperti sumsum dan empedu, memang sudah menjadi kebiasaan yang dipercaya bisa menjadi obat, seperti untuk mengobati diabetes atau bahkan penambah stamina. Namun, saat ini kebiasaan seperti itu sudah jarang dijumpai.

Dalam Hari Raya Iduladha kali ini, Ikhfanul Alam juga ikut mengurbankan satu ekor kambing. Namun, ia memilih berkurban di Dampit, Kabupaten Malang, dan bukan di dekat rumah atau tempat yang tengah dikunjungi oleh Dokjreng FC.

"Saya berkurban di Dampit karena nanti akan berdomisili di sana. Calon istri saya berasal dari Dampit," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer