Sukses


Shopee Liga 1 2020 Digelar Tanpa Degradasi demi Kepentingan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - PT LIB memutuskan bahwa Shopee Liga 1 2020 digelar tanpa degradasi. Keputusan ini dibuat demi kepentingan Timnas Indonesia.

Kompetisi Liga Indonesia di musim 2020 akan berjalan dengan status luar biasa. Baik Liga 1 maupun Liga 2, mulai digulirkan pada bulan Oktober mendatang.

Liga 1 2020 sebenarnya sudah berjalan tiga pertandingan harus dihentikan, dan hingga empat bulan lamanya pemain lebih banyak melakukan aktivitas latihan secara mandiri.

Begitu juga dengan kompetisi kasta kedua yang baru berjalan satu laga, bahkan ada yang belum sempat bertanding. Harapan baru pun muncul ketika PSSI menggulirkan kembali kompetisi mulai awal Oktober nanti.

Lima bulan untuk waktu pelaksanaan Liga 1, dan satu setengah bulan untuk roda kompetisi Liga 2. Untuk Liga 1 adalah melanjutkan pekan keempat, sedangkan Liga 2 dipastikan dimulai dari awal dengan perubahan format kompetisi.

Terdapat satu regulasi khsusus dalam berjalannya kompetisi darurat musim ini. Yakni dipastikan tidak akan ada tim yang didegradasi musim depan, baik itu dari kasta Liga 1 ataupun Liga 2.

Selain tidak ada sistem degradasi, akan ada dua tim yang bakal promosi ke Liga 1 musim depan. Dengan demikian, musim 2021, kompetisi kasta tertinggi diikuti oleh 20 tim.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjelaskan pertimbangan tidak memberlakukan sistem degradasi adalah karena murni untuk kepentingan Timnas Indonesia.

"Khususnya kenapa Liga 1 tidak ada degradasi, adalah karena untuk mengakomodir kepentingan Timnas. Sehingga berjalan paralel antara kebutuhan TC Timnas dengan kompetisi Liga 1," ujar Sudjarno kepada Bola.com di Sleman belum lama ini.

 

2 dari 3 halaman

Sinkron antara Klub dan Timnas

Hal yang dimaksudnya adalah, aktivitas baik level klub maupun Timnas Indonesia bisa berjalan beriringan, ketika kompetisi berjalan. Pemain berlabel Timnas yang juga harus bermain di klubnya, bisa tampil maksimal saat berseragam Merah-putih.

Terlebih Timnas Indonesia untuk level senior atau kelompok usia akan menghadap sejumlah ajang bergengsi. Terutama kiprah Timnas Indonesia yang bakal bersaing di pentas Piala Dunia U-20 tahun depan.

Menurut Sudjarno, keputusan PSSI menghilangkan sistem degradasi untuk musim ini, cukup positif. Meski untuk pelaksanaan musim berikutnya, PT LIB belum mengetahui format kompetisi, ketika Liga 1 akan diikuti oleh 20 klub.

"Musim ini Liga tetap berjalan begitu juga Timnas. Pemain-pemain di klub juga wajib ikut di Timnas ketika kompetisi berjalan," jelas Sudjarno.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer