Sukses


Deretan Pesepak Bola Dunia yang Pernah Kunjungi Indonesia, dari Toni Kroos hingga David Beckham

Bola.com, Jakarta - Indonesia selalu punya daya tarik sendiri buat tim-tim dunia beserta pemain berkelasnya untuk singgah dan menjajal kualitas sepak bola Tanah Air. Fanatisme dan gairah warga +62 terhadap si kulit bundar membuat bintang lapangan hijau terpukau.

Juventus, Liverpool, dan Arsenal pernah menghibur pencinta sepak bola Indonesia ketika datang berkunjung. Pemain-pemain terbaiknya seperti Steven Gerrard, Carlos Tevez, hingga Olivier Giroud pun dibawa.

Klub papan atas Serie A Italia, AS Roma, yang pernah datang 25 Juli 2015, juga menyisakan sekelumit cerita unik, mulai dari dicekalnya lima pemain yang tak boleh datang ke Indonesia, sampai wasit yang 'diimpor' langsung dari Italia.

Ya, saat itu Indonesia tengah diberikan sanksi oleh FIFA, sehingga tim yang dihadapi AS Roma pun bukan tim nasional, melainkan tim merah putih. Namun demikian, Francesco Totti dkk. tetap bermain serius demi memuaskan dahaga suporter setianya.

Dari mulai Ruud Gullit hingga Francesco Totti, Toni Kroos sampai Lukas Podolski, berikut ini Bola.com merangkum deretan pesepak bola dunia yang pernah singgah ke Indonesia.

 

2 dari 10 halaman

Edwin van der Saar

Pada 2014, kiper legendaris Manchester United, Edwin van der Saar, menyapa penggemarnya di Jakarta dan Bandung. Bukan sebagai pemain, melainkan staf Ajax Amsterdam.

Saat itu, Ajax berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 3-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 11 Mei 2014.

Selanjutnya, Ajax Amsterdam menggelar pertandingan melawan Persib Bandung, di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, 15 Mei 2014. Ketika itu, Maung Bandung mampu menahan tim anak-anak asuhan Frank de Boer dengan skor 1-1.

 

3 dari 10 halaman

Olivier Giroud

Setahun sebelumnya, Arsenal datang ke Indonesia dan menggelar laga eksebisi. Ini merupakan kedatangan kedua setelah pada 1983 pernah menghadapi beberapa tim Tanah Air, termasuk Persebaya.

Kedatangannya yang kedua dirasa lebih spesial karena Arsenal membawa pemain-pemain terbaiknya, termasuk Olivier Giroud, Theo Walcott, dan Lukas Podolski.

The Gunners mampu mencukur Indonesia IX dengan skor telak 7-0, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Gol kemenangan The Gunners ketika itu dicetak Theo Walcott, Chuba Akpom, dua gol Oliver Giroud, Lukas Podolski, Kristoffer Olsson, dan Thomas Eisfeld.

 

4 dari 10 halaman

Gianluigi Lentini

AC Milan berkunjung ke Indonesia pada 1994 silam. Sayang, nama-nama beken seperti Franco Baresi, Alessandro Costacurta, Daniele Massaro, Mauro Tassotti, Demetrio Albertini, dan Paolo Maldini tidak ikut karena harus tergabung dengan Timnas Italia yang berlaga di Piala Dunia 1994.

Bintang-bintang lainnya, yakni Marco van Basten, Florin Raducioiu, Brian Laudrup, dan Stefano Eranio juga tidak ikut serta. Sementara Ruud Gullit saat itu sedang dipinjamkan ke Sampdoria.

Beruntung, pemain-pemain lainnya yang tak kalah bersinar pada periode 1990-an tetap datang menyapa penikmat Serie A dan AC Milan. Marcell Desailly, Gianluigi Lentini, Filippo Galli, Dejan Savicevic, hingga Sebastiano Rossi hadir menghibur, termasuk tentunya sang pelatih, Fabio Capello.

AC Milan menghadapi Persib Bandung yang saat itu dihuni Robby Darwis, Yudi Guntara, Kekey Zakaria, Sutiono Lamso, hingga Yusuf Bachtiar. Rossoneri menang telak 8-0.

 

5 dari 10 halaman

Toni Kroos

Gelandang asal Jerman ini pernah juga datang ke Indonesia, namun bukan bersama Real Madrid, melainkan Bayern Munchen. Toni Kroos muda bahkan turut mencetak satu gol pada sebuah pertandingan persahabatan.

Pada pertandingan melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Oliver Khan dkk. mampu membungkam Timnas Indonesia dengan skor telak 5-1.

Lima gol kemenangan The Bavarians dicetak Breno Borges, Viktor Bopp, Jan Schlaudraff dengan dua gol, dan Toni Kroos. Sementara satu-satunya gol skuat Garuda dicetak Bambang Pamungkas.

 

6 dari 10 halaman

David Beckham

Tidak hanya klub-klub benua Eropa, klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, La Galaxy pernah menyambangi Indonesia pada bulan November 2011.

La Galaxy yang ketika itu di perkuat mantan bintang Manchester United dan Real Madrid, David Beckham mampu mengalahkan Indonesia Selection dengan skor 1-0, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Gol tunggal kemenangan La Galaxy dicetak Robbie Keane pada menit ke-13.

Selain pertandingan, ada hal yang menarik yaitu, winger Timnas Indonesia U-23 ketika itu, Andik Vermansyah berhasil bertukaran jersey dengan David Beckham usai pertandingan.

 

7 dari 10 halaman

Philippe Coutinho, Raheem Sterling, Steven Gerrard

Klub papan atas Serie A Italia, Inter Milan pernah merasakan merumput di Indonesia pada Mei 2012. Ketika itu, I Nerazzurri menggelar pertandingan melawan Timnas Indonesia.

Dalam pertandingan tersebut, Javier Zanneti dkk. berhasil mengalahkan Timnas Indonesia PSSI (Indonesia Selection) dengan skor 4-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Gol kemenangan Inter Milan disumbangkan oleh Philippe Coutinho dan Giampaolo Pazzini yang masing-masing mencetak dua gol. Sementara dua gol Timnas Indonesia PSSI (Indonesia Selection) dicetak oleh Patrich Wanggai dan Yosua Pahabol.

Coutinho kembali datang ke Indonesia setahun berselang, kali ini berseragam Liverpool. Ia menyambangi Senayan bersama Steven Gerrard, Raheem Sterling dan lain-lain.

Ketika itu, Steven Gerrard cs. berhasil mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 2-0, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Dua gol kemenangan The Reds dicetak Philippe Coutinho dan Raheem Sterling.

 

8 dari 10 halaman

Eden Hazard

The Blues pernah menyambangi Indonesia pada bulan Juli tahun 2013. John Terry dkk. menggelar pertandingan melawan tim Indonesia Selection BNI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada pertandingan tersebut, Chelsea berhasil mengalahkan Indonesia yang didominasi pemain Timnas Indonesia dengan skor telak 8-1. Gol kemenangan Chelsea di cetak Eden Hazard, dua gol dari Ramires, Demba Ba, John Terry, dua gol dari Romero Lukaku, dan Betrand Traore.

Sementara gol Indonesia All Stars datang dari gol bunuh diri penggawa Chelsea setelah Greg Nwokolo berhasil melakukan aksi individu hingga ke dalam kotak penalti The Blues.

 

9 dari 10 halaman

Carlos Tevez

Ketika masih membela Juventus, Carlos Tevez menyihir puluhan ribu pasang mata di Gelora Bung Karno pada pertandingan melawan Indonesia ISL All Stars.

Pada pertandingan tersebut Nyonya Tua berhasil mencukur Indonesia ISL All Stars dengan skor 8-1. Gol kemenangan Juve dicetak oleh Andrea Pirlo, hat-trick dari Fernando Llorente, Sebastian Giovinco, Kingsley Coman, dan Simione Pepe.

Carlos Tevez mencetak satu gol, Sementara satu-satunya gol dari Indonesia ISL ALl Stars dicetak oleh Lopicic.

10 dari 10 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer