Sukses


Iker Casillas Pensiun, Kiper Persib Sedih

Bola.com, Bandung - Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan, mengaku sedih karena penjaga gawang idolanya, Iker Casillas, memutuskan pensiun meski masih memiliki kemampuan mumpuni mengawal gawang.

Iker Casillas resmi gantung sepatu pada usia 39 tahun. Satu hal itu membuat I Made Irawan sedih, Iker Casillas pensiun dalam kondisi kesehatan yang tidak bagus. Iker Casillas memutuskan pensiun ketika masih berkarier bersama Porto.

Banyak yang menyayangkan keputusan Casillas, termasuk kiper senior Persib Bandung, I Made Wirawan.

"Ia adalah kiper idola saya. Tentu saya sedih mendengar keputusannya pensiun saat ini," ujar Made Wirawan kepada Bola.com, Jumat (7/8/2020).

Menurut kiper asal Bali itu, Casillas adalah seorang kiper yang sarat dengan prestasi. Sejak membela Real Madrid, tercatat Iker Casillas sudah melakoni 725 pertandingan. Bersama Los Blancos, Iker Casillas sukses lima kali mengangkat trofi juara La Liga dan tiga gelar juara Liga Champions.

Bersama klub Portugal, Porto, Iker Casillas, mencatatkan 156 penampilan dan berhasil mengangkat dua trofi juara Primeira Liga. Begitu pun ketika bersama Timnas Spanyol, di mana Casillas yang menyandang ban kapten sukses membawa La Furia Roja menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 dan 2012.

"Selain karena prestasi, saya menyukai segi permainannya. Posturnya tidak begitu tinggi untuk ukuran kiper Eropa, tapi punya refleks dan penempatan posisi yang bagus," ujar kiper Persib Bandung itu.

Video

2 dari 2 halaman

Menginspirasi

Respons terhadap keputusan pensiun Casillas datang dari beberapa pemain dan pelatih ternama dunia, seperti Lionel Messi, Gianluigi Buffon, Jose Mourinho, dan Fernando Hierro. Sebagian besar dari mereka terkejut dan menyayangkan keputusan Casillas untuk pensiun. Banyak yang merasa kehilangan mantan kiper Timnas Spanyol itu.

Menurut kiper Persib Bandung itu, wajar jika banyak pihak yang merasa kehilangan seorang kiper tangguh seperti Iker Casillas. Pasalnya, selain mempunyai  ikap bagus saat bermain, Iker Casillas dikenal publik sepak bola dunia sebagai inspirasi dalam banyak hal.

"Sekali lagi, yang pasti saya sedih melihat dia harus pensiun. Tapi, apresiasi tinggi buat dia karena apa yang telah diberikan untuk tim, negara dan sepak bola pada umumnya. Terima kasih Iker Casillas sudah menjadi inspirasi," ujar I Wade Wirawan mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer