Sukses


Rahasia di Balik Gol Sensasional Widodo C Putro ke Gawang Kuwait di Piala Asia 1996

Bola.com, Jakarta - Berbicara tentang kiprah Timnas Indonesia pada Piala Asia 1996 di Uni Emirat Arab tidak bisa lepas dari sosok Widodo C Putro. Dia mencetak satu gol spektakuler ke gawang Kuwait pada babak penyisihan grup.

Indonesia menghadapi Kuwait di laga perdana di Abu Dhabi. Indonesia memecah kebuntuan melalui gol spektakuler Widodo. Mendapat umpan silang Ronny Wabia dari sisi kanan lapangan, bola jatuh di belakang Widodo C Putro.

Dengan insting mencetak golnya yang tinggi dan naluri terasah, Widodo membalikkan badan membelakangi gawang dan menyambar bola dengan tendangan salto.

Bola meluncur deras dan tak mampu dijangkau kiper Kuwait. Gol spektakuler dari seorang Widodo C Putro itu terpilih sebagai gol terbaik di event Piala Asia saat itu.

Setelah 24 tahun berlalu, Widodo masih mengenang gol indah tersebut. Ia mengaku gol ke gawang Kuwait tersebut menjadi satu momen terindah dalam perjalanan kariernya di sepak bola.

Widodo C Putro membeberkan rahasia di balik gol indahnya itu dalam sebuah video di channel YouTube Omah Balbalan. Kebiasaannya menganalisis apa yang harus dilakukan sebelum pertandingan, menjadi kunci ia dapat mencetak gol indah.

"Jadi waktu turnamen itu kami sempat mempelajari mempelajari permainan tuan rumah melawan Korsel. Indonesia bertanding di laga berikutnya, saya berdoa kepada Tuhan, karena ingin sesuatu yang lebih di pertandingan nanti," ungkap Widodo C Putro.

Malam sebelum pertandingan, Widodo melakukan visualisasi, tentang bagaimana jika ada gerakan bola dan apa yang harus ia lakukan. Menurut dia, gerakan bola terjadi sepersekian detik sehingga harus cepat memutuskan.

"Karena gerakan bola lebih cepat dari pikiran kita. Jadi saya memvisualisasikannya sebelum tidur. Sehingga ada kejadian itu cepat mengambil keputusan," kata dia.

"Belum terbayang, hanya visualisasi ada bola itu apa yang harus saya lakukan, ada unsur spontanitas," lanjut Widodo C Putro.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Kenang Gol Lain

Kiprah Widodo bersama Timnas Indonesia berjalan cukup panjang. Ia menjadi satu di antara pemain yang menjadi andalan bagi lini depan tim Merah-putih.

Selain gol berkelas ke gawang Kuwait pada 1996, Widodo juga memiliki gol lain yang tidak kalah berkesan. Yakni saat ikut memperkuat Timnas Indonesia di ajang SEA Games Manila 1991, yang akhirnya menjadi juara.

Turnamen tersebut merupakan debutnya bersama Timnas Indonesia senior, dan tak disia-siakannya. Widodo mencetak gol bagi Indonesia pada laga pertama penyisihan grup kontra Malaysia.

"Di luar gol ke gawang Kuwait, ada gol SEA Games Manila 1991 pada laga pertama lawan Malaysia, saya cetak gol dari jarak jauh, spekulasi dan masuk, itu karena debut saya di Timnas Indonesia senior," kenangnya.

"Kebetulan saya dipercaya untuk tampil, bagaimana saya harus bisa berkembang dan termotivasi," jelas pria yang kini menukangi Persita Tangerang itu. 

Video Populer

Foto Populer