Sukses


Indra Sjafri Klaim PSSI Tidak Tahu Mengenai Kabar Naturalisasi 5 Pemain Asing

Bola.com, Jakarta - Fenomena pemain asing berusia muda yang datang ke Indonesia belakangan ini dikaitkan dengan program naturalisasi PSSI demi kepentingan Piala Dunia U-20 2021. Namun, dugaan tersebut dibantah oleh Indra Sjafri.

Direktur Teknik PSSI ini mengatakan bahwa lima pemain asing berusia muda yang baru bergabung dengan tiga klub Shopee Liga 1 2020 bukan merupakan bagian dari program PSSI.

"Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI," kata Indra Sjafri dinukil dari laman PSSI.

"Itu urusan klub-klub Shopee Liga 1. Pemain yang dipanggil Timnas Indonesia tentu harus punya paspor Indonesia," jelas Indra Sjafri.

Pernyataan Indra Sjafri bertolak belakang dengan pengakuan dari Achsanul Qosasi. Sebelumnya kepada Bola.com, Presiden Madura United ini mengatakan timnya akan kedatangan satu dari lima pemain asing yang bakal dinaturalisasi oleh PSSI.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

5 Pemain Asing Berusia Muda

Ada lima pemain asing berusia muda yang mendadak bergabung dengan klub Indonesia. Arema FC mendapatkan dua nama di antaranya yaitu Pedro Henrique dan Hugo Guilherme.

Sementara itu, Persija Jakarta kebagian Thiago Pereira dan Maike Henrique de Lima. Adapun, Madura United kedatangan Robert Junior Rodrigues Santos.

"Betul. Madura United akan kedatangan satu pemain muda proyeksi Piala Dunia U-20 2021," kata Achsanul kepada Bola.com, Rabu (19/8/2020).

Sebelumnya, proyek naturalisasi PSSI terungkap pada webinar dengan IDN Times yang berjudul "Ngobrol Seru Indonesia Menyambut Piala Dunia U-20 2021 dan Restart Liga 1".

"Kami akan melakukan 'cara-cara luar biasa' untuk meraih sukses prestasi pada Piala Dunia U-20 2021. Termasuk dimungkinkan melakukan nasionalisasi atau naturalisasi pemain pada usia emas sebagai pesepak bola," tulis PSSI dalam presentasi webinar dengan IDN Times yang juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Masih dalam presentasi tersebut, PSSI menampilkan tiga pemain sebagai contoh untuk dinaturalisasi. Ketiganya adalah Leozao, Pedro, dan Maike Henrique. Dari namanya, ketiganya diduga berasal dari Brasil.

Video Populer

Foto Populer