Sukses


5 Pengoleksi Gelar Liga Terbanyak di Indonesia, Pemain Persipura Mendominasi dan Boaz Solossa Memimpin

Bola.com, Jakarta - Kompetisi liga sepak bola Indonesia bisa dikatakan yang paling kompetitif di Asia. Penilaian itu dibuktikan dengan hampir tidak ada tim yang mampu meraih gelar secara beruntun.

Persaingan yang ketat menjadi alasan sulitnya tim meraih gelar secara beruntun di sepak bola Indonesia. Bahkan, perbedaan kualitas antartim sangat tipis sehingga sering menimbulkan kejutan.

Margin poin antarpemuncak klasemen yang jadi juara dengan tim lainnya pun tak terlampau jauh. Situasi itu membuktikan perburuan gelar liga pada setiap musimnya berlangsung sampai pekan terakhir.

Meski demikian, pada kenyataannya ada sejumlah pemain yang mampu meraih lebih dari sekali. Hebatnya, pencapaian itu ada yang diraih bersama satu klub.

Pencapaian yang tentu saja tak mudah diraih, mengingat pesepak bola Indonesia dikenal dengan budaya pemain yang gemar berganti-ganti klub. Namun, kenyataannya ada pemain yang mampu membuktikannya.

Bola.com mengumpulkan lima pemain dengan koleksi gelar liga terbanyak di Indonesia. Lantas, siapa saja yang masuk dalam daftar tersebut?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Yustinus Pae

Yustinus Pae sejauh ini sudah meraih tiga gelar liga sepanjang kariernya di Indonesia. Uniknya, gelar-gelar tersebut diraih Yustinus Pae hanya bersama satu klub, yakni Persipura Jayapura.

Yustinus Pae tercatat meraih gelar Liga Super Indonesia 2008-2009, 2010-2011, dan terakhir Indonesia Soccer Championship 2016. Pemain berusia 37 tahun itu punya peran penting dalam semua gelar yang diraihnya.

Sejauh ini, Yustinus Pae telah tampil sebanyak 293 kali dan sukses mencetak 17 gol untuk Persipura. Meskipun sudah tak lagi muda, namun Yustinus Pae tetap dipercaya tampil di tim inti Persipura.

3 dari 6 halaman

Firman Utina

Firman Utina berhasil meraih tiga gelar sepanjang kariernya sebagai pesepak bola di Indonesia. Uniknya, gelar tersebut diraih di tim yang berbeda-beda.

Gelar liga pertama diraih Firman Utina ketika membela Sriwijaya FC. Ketika itu, Firman Utina membantu klub berjulukan Laskar Wong Kito meraih gelar Liga Super Indonesia 2011-2012.

Adapun gelar liga kedua yang diraih Firman Utina terjadi pada 2014 bersama Persib Bandung. Sementara itu, gelar ketiga diraih Firman Utina bersama Bhayangkara FC pada 2017.

4 dari 6 halaman

Ricardo Salampessy

Ricardo Salampessy berhasil meraih empat gelar liga sejauh ini. Semua gelar itu diraih Ricardo bersama Persipura Jayapura.

Ricardo meraihnya pada musim 2008-2009, 2010-2011, 2013, dan terakhir pada Indonesia Soccer Championship A 2016. Ricardo punya peran penting dalam gelar-gelar yang diraih Persipura.

Dalam dua periode membela Persipura yakni 2005-2013 dan 2015 hingga sekarang, Ricardo sudah mengoleksi 236 pertandingan dan mencetak 10 gol. Sampai saat ini pada usia 36 tahun, Ricardo masih dipercaya di tim inti klub berjulukan Mutiara Hitam itu.

5 dari 6 halaman

Ian Louis Kabes

Ian Louis Kabes juga tak bisa dipisahkan dengan kesuksesan Persipura Jayapura di Indonesia. Ian Kabes berhasil mempersembahkan empat gelar liga untuk Persipura.

Prestasi itu diraih Ian Kabes pada 2005, 2008-2009, 2010-2011, dan Indonesia Soccer Championship A 2016. Sampai saat ini, Ian Kabes masih memiliki peran penting di lini tengah Persipura.

Ian Kabes sudah mengemas 332 pertandingan dan 44 gol untuk Persipura. Wajar bila Ian Kabes layak menyandang legenda jika pensiun dari Persipura nanti.

6 dari 6 halaman

Boaz Solossa

Boaz Solossa menjadi pemain pengoleksi gelar liga paling banyak di Indonesia. Boaz sukses meraih lima gelar liga.

Semua prestasi itu diraih Boaz bersama Persipura Jayapura. Contohnya adalah gelar pada 2005, 2008-2009, 2010-2011, 2013, dan Indonesia Soccer Championship A 2016.

Boaz juga punya peran penting di balik gelar yang diraihnya. Sejauh ini, pemain berusia 34 tahun itu sudah mencetak 181 gol dan 306 pertandingan serta masih berpeluang menambah koleksi gelarnya.

Video Populer

Foto Populer