Sukses


Piala AFC U-19 2020 Terancam Batal, Timnas Indonesia U-19 Tetap Berangkat ke Kroasia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 tidak terpengaruh dengan kemungkinan penundaan Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Armada Shin Tae-yong tersebut tetap akan berangkat ke Kroasia untuk melaksanakan pemusatan latihan (training centre).

"Rencananya pada 29 Agustus 2020, Timnas Indonesia U-19 akan bertolak ke Kroasia," kata Eko Rahmawanto, Head of Media PSSI, kepada Bola.com, Kamis (27/8/2020).

Adapun, kegiatan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia bertujuan untuk mematangkan persiapan tim sebelum mengarungi Piala AFC U-19. Namun, dengan potensi pembatalan turnamen itu pada tahun ini, mengapa rencana tersebut tetap dipaksakan?

"AFC belum memutuskan untuk menunda Piala AFC U-19 2020," ujar Eko. Sesuai jadwal, Piala AFC U-19 akan digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Untuk pemusatan latihan di Kroasia, Shin Tae-yong akan membawa 30 pemain. Selain berlatih, Timnas Indonesia U-19 akan mengikuti turnamen mini di Kroasia. Jack Brown dan kawan-kawan bakal menghadapi International U-19 Friendly Tournament 2020 bersama Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi.

Sebelumnya, Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan (UFA) melalui laman Facebook mengabarkan bahwa AFC tengah mempertimbangkan untuk membatalkan Piala AFC U-19, U-16, dan AFC Futsal Club Championship pada tahun ini.

2 dari 3 halaman

Gara-gara COVID-19

UFA juga memberitahukan bahwa AFC telah mengirimkan surat resmi kepada setiap asosiasi anggota terkait kemungkinan untuk menjadwalkan ulang dua turnamen tersebut. Selain itu, penundaan juga menghantui AFC Futsal Club Championship yang akan dilaksanakan di Uni Emirat Arab (UEA) pada 2-13 Desember 2020.

"Hal ini disebabkan karena adanya permintaan dari asosiasi anggota yang mengikuti Piala AFC U-16, Piala AFC U-19, dan Piala AFC Futsal, mengalami kesulitan perihal penerbangan dan persiapan tim karena pandemi COVID-19," tulis keterangan dari UFA.

"Menurut surat resmi yang dikirim oleh AFC, Komite Eksekutif AFC akan mengambil keputusan tepat tentang masalah ini. Jadwal baru pada turnamen itu akan diumumkan kemudian," lanjut keterangan tersebut.

3 dari 3 halaman

Video

Half Time Show, Pandemi Covid-19 Mencabut Nyawa Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer