Sukses


Piala AFC U-19 Terancam Batal, Timnas Indonesia U-19 Akan Lanjutkan Latihan di Spanyol, Portugal atau Turki

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, Piala AFC U-19 2020 kemungkinan besar akan batal digelar pada tahun ini. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) disebutkannya akan mengumumkan keputusan tersebut pada 8 September 2020.

AFC akan menggelar rapat lanjutan pada 8 September 2020 untuk menentukan nasib Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan. Sebelumnya, surat mengenai pertimbangan pembatalan telah dikirimkan kepada asosiasi anggota.

PSSI telah terlanjur merencanakan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia pada akhir Agustus hingga awal Oktober 2020 demi mempersiapkan tim sebelum menghadapi Piala AFC U-19 2020. Dari sana, tim berjulukan Garuda Muda ini akan langsung bertolak ke Uzbekistan.

Namun, karena Piala AFC U-19 2020 terancam tidak jadi diselenggarakan pada tahun ini, PSSI tengah merancang pemusatan latihan lanjutan Timnas Indonesia U-19 setelah dari Kroasia. Masih di Eropa, tiga negara masuk bidikan yaitu Spanyol, Portugal, dan Turki.

"Kepastian Piala AFC U-19 2020 akan diumumkan oleh AFC pada 8 September 2020. Tapi kemungkinan besar memang akan dibatalkan," ujar Iriawan.

"Kemudian pertanyaannya, bagaimana kalau Piala AFC U-19 batal? Mulanya, dari Kroasia kami akan langsung ke Uzbekistan. Tapi baru kami persiapkan, dari Kroasia nanti mereka akan melanjutkan pemusatan latihan."

"Kalau tidak di Spanyol, di Portugal, atau di Turki. Kami sedang menunggu rekomendasi atau administrasi dari asosiasi sepak bola ketiga negara tersebut," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule ini.

2 dari 3 halaman

Pertimbangan Kroasia

Timnas Indonesia U-19 akan berangkat ke Kroasia pada akhir Agustus 2020. Selain berlatih, armada Shin Tae-yong juga bakal mengikuti turnamen di sana.

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi dalam turnamen bertajuk International U-19 Friendly Tournament 2020.

"Kenapa memilih Kroasia? Pertama, karena suhu udaranya sama dengan Uzbekistan. Kedua, di sana, kami tidak dikarantina," ucap Iwan Bule.

"Ketiga, kami tahu Kroasia menempati peringkat keenam FIFA. Sehingga kami yakin bisa berlatih dan mendapatkan uji coba yang baik di sana," terangnya.

3 dari 3 halaman

Video

Half Time Show, Pandemi Covid-19 Mencabut Nyawa Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer