Sukses


Marco Motta, Eks Bek Juventus yang Jadi Andalan Persija di Sisi Kanan Pertahanan

Bola.com, Jakarta - Marco Motta sudah menjalani dua pertandingan bersama Persija Jakarta di Shopee Liga 1 musim ini. Mantan bek Juventus itu pun mampu menjadi andalan Persija di sisi kanan pertahanan.

Motta resmi bergabung dengan Tim Macan Kemayoran pada 2 Februari lalu. Pemain berpaspor Italia itu diikat kontrak berdurasi dua tahun dengan opsi perpanjangan.

Persija Jakarta adalah klub ke-13 dalam perjalanan karier Marco Motta, sekaligus tim Asia pertama yang dibela. Sebelum berlabuh di klub ibu kota, eks pemain Timnas Italia U-21 itu memperkuat klub Siprus, Omonia.

"Saya senang bisa berada di sini. Saya suka dengan sepak bola dan berharap bisa membantu tim ini untuk menjadi juara," ujar Marco Motta pada 3 Februari lalu.

"Saya juga bahagia karena hari ini mendapatkan banyak pesan dari Jakmania. Ini sesuatu yang bagus karena mereka sudah menunggu saya sehingga saya akan memberikan yang terbaik," lanjut pemain yang memakai nomor punggung 47 di Persija Jakarta itu.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Andalan di Sisi Kanan Pertahanan

Pemain berusia 34 tahun tersebut selalu menempati posisi bek kanan, baik untuk Timnas Italia maupun saat membela AS Roma dan Juventus. Statistik Transfermarkt mencatat, Motta bermain sebanyak 150 kali di posisi tersebut.

Memiliki umpan yang akurat dan kemampuan menyisir sisi sayap lawan membuat Marco Motta berhasil mencetak empat gol dan 10 assist dari 150 laga itu.

Sementara itu, posisi kedua yang sering dimainkan Marco Motta adalah gelandang kanan. Di posisi tersebut, dia tercatat bermain 59 kali dan membukukan tiga assist.

"Soal posisi, dalam karier saya hampir selalu bermain di posisi bek kanan. Namun, itu tergantung juga skema yang dimainkan pelatih yakni dengan empat atau lima bek," kata Marco Motta.

"Tetapi, di sini saya akan membantu tim. Semua tergantung pelatih yang memutuskan apa yang terbaik untuk saya," tegasnya beberapa waktu lalu.

Meski klub-klub Indonesia jarang menempatkan pemain asing di pos bek kanan, Marco Motta diharapkan menjadi andalan Persija di sisi kanan pertahanan. 

3 dari 4 halaman

Tampil Oke Sebagai Bek Kanan

Ketika Shopee Liga 1 musim ini bergulir, Marco Motta dipercaya pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, menghuni sektor kanan pertahanan. Dia pun berkontribusi mendongkrak performa Persija.

Pada pekan pertama Liga 1 2020 kontra Borneo FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 1 Maret 2020, Motta berhasil menjadi kreator gol Osvaldo Haay pada menit ke-21. Umpan Marco Motta mampu dituntaskan Osvaldo menjadi gol dengan tembakan kaki kiri.

"Target saya membantu kemenangan tim. Saya mencoba untuk membantu tim meraih kemenangan sebanyak mungkin," tutur Motta.

Ketika bersua Bhayangkara FC pada pertandingan pekan kedua Shopee Liga 1 musim ini di Stadion PTIK, 14 Maret 2020, Marco Motta kembali dipercaya tampil sejak menit awal.

Bermain selama 90 menit penuh, Motta beberapa kali mengandaskan peluang Bhayangkara dan membantu Persija membangun serangan dari sisi kanan.

Akan tetapi, Marco Motta gagal membawa Tim Macan Kemayoran memetik tiga poin penuh, setelah hanya bermain 2-2 kontra Bhayangkara FC.

 

4 dari 4 halaman

Bakal Dilepas Persija Jakarta

Di tengah performa impresifnya, Marco Motta dikabarkan bakal dilepas Persija Jakarta. Bersama Osvaldo Haay, Motta akan diputus kontraknya oleh Tim Macan Kemayoran.

Kabar tersebut semakin diperkuat karena keduanya masih belum bergabung dalam sesi latihan Persija. Padahal, mayoritas pemain Persija Jakarta sudah ikut berlatih.

Di sisi lain, manajemen Tim Macan Kemayoran juga nihil menginformasikan status keduanya. Sementara itu, pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, tak tahu menahu terkait kelanjutan karier Motta dan Osvaldo.

"Saya belum tahu mengenai keduanya dan tidak tahu mengenai rumor ini. Hanya presiden klub yang bisa memberikan informasi mengenai dua pemain tersebut," kata Sergio Farias.

Lantas, bagaimana kelanjutan karier Marco Motta di Persija? Apakah akan tetap dipertahankan dan menjadi andalan di sisi kanan, atau kah diputus kontraknya.

Video Populer

Foto Populer