Sukses


Mengenal Bulgaria, Tim Penghasil Pemain Berkualitas yang Jadi Calon Lawan Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi Bulgaria pada laga International U-19 Friendly Tournament 2020 yang berlangsung di Kroasia pada Sabtu (5/8/2020). Ini merupakan laga untuk mengukur kesiapan pasukan Shin Tae-yong.

Laga melawan Bulgaria menjadi uji coba perdana Timnas Indonesia U-19 pada pemusatan latihan di Kroasia. Pelatih Shin Tae-yong tak mengincar kemenangan dalam laga ini, namun ingin melihat perkembangan tim yang sudah sebulan lebih digemblengnya.

"Tim saat ini masih berproses. Latihan fisik dengan intensitas tinggi. Jadi, kami tidak mengincar kemenangan pada laga uji coba nanti. Kami ingin melihat sejauh mana perkembangan pemain," kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs resmi PSSI, Kamis (3/9/2020).

Bulgaria tentu merupakan lawan yang asing karena Timnas Indonesia U-19 belum pernah bertemu. Namun, di kancah sepak bola Eropa, Bulgaria adalah negara penghasil pemain-pemain berkualitas.

Sebut saja Hrsito Bonev, Hristo Stoichkov, hingga Dimitar Berbatov. Namun, sampai saat ini belum ada lagi pemain muda yang mampu meneruskan trah pemain berkualitas di Bulgaria.

Di Piala Dunia, Bulgaria pernah menjadi tim yang sering membuat kejutan. Pencapaian terbaik tim berjuluk The Lions itu adalah peringkat keempat pada edisi 1994. Sayangnya, Bulgaria sudah absen dalam lima edisi Piala Dunia terakhir.

Adapun di level Eropa, performa Bulgaria bisa dikatakan tak begitu mengilap. Bulgaria hanya ikut dalam dua edisi Piala Eropa yakni pada 1996 dan 2004. Sejak itu, Bulgaria belum lagi tampil pada ajang tersebut.

Sementara itu, Bulgaria mampu meraih prestasi terbaik di Olimpiade yakni raihan medali perunggu pada 1956 dan perak di edisi 1968. Namun, untuk kompetisi regional seperti Balkan Cup, Bulgaria berhasil meraih tiga gelar.

Pada laga pembuka International U-19 Friendly Tournament 2020, Bulgaria harus menyerah 2-3 dari tim tuan rumah Kroasia. Ini tentu menjadi sinyal bahaya buat Timnas Indonesia U-19 yang bakal menjadi lawan selanjutnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Rekam Jejak Agresif

Adapun Timnas Bulgaria U-19 yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia U-19, memiliki rekam jejak lebih mentereng. Timans Bulgaria U-19 tercatat berhasil menjadi juara pada tiga edisi Balkan Youth Championship edisi 1968, 1970, dan 1973.

Selain itu, rekam jejak Timnas Bulgaria U-19 di Piala Eropa juga tak kalah mengilap. Timnas Bulgaria U-19 berhasil menyabet gelar juara di Piala Eropa U-19 pada edisi 1959, 1969, dan 1973.

Namun, belakangan performa Bulgaria U-19 mengalami penurunan. Timnas Bulgaria U-19 absen dalam dua edisi Piala Eropa U-19 terakhir.

Penampilan terakhir Bulgaria di Piala Eropa U-19 terjadi pada edisi 2017. Ketika itu, tersingkir lebih dulu karena menghuni dasar klasemen.

Adapun untuk Piala Dunia U-20, pencapaian terbaik Bulgaria adalah dua kali mencapai babak perempat final pada edisi 1985 dan 1987. Setelah itu, Timnas Bulgaria U-19 belum lagi mampu tampil di Piala Dunia.

Ambisi itu kini tentu saja menjadi misi utama Bulgaria U-19. Apalagi mereka sudah dilatih pelatih yang sama dan berpengalaman sejak 2016 yakni Angel Stoykov.

3 dari 3 halaman

Skuad Lengkap

1. Viktor Nikolov (Elche, Isp),

2. Alexander Todorov (September Sf)

3. Vladimir Nikolov (September Sf)

4. Martin Petkov (Levski)

5. Christian Tomov (Lokomotiv Pd)

6. Georgi Alexandrov (Vitosha Bistritsa)

7. Hristian Petrov (Litex)

8. Ioan Baurenski (Litex)

9. Ivan Dichevski (Black Sea)

10. Denislav Angelov (Black Sea)

11. Pavel Georgiev (Black Sea)

12. Christian Dobrev (Botev Pd)

13. Dimitar Tonev (Botev Pd)

14. Stanislav Shopov (Botev Pd)

15. Alexander Ganchev (Ludogorets)

16. Petar Karaangelov (Ludogorets)

17. Dimitar Zhekov (Sozopol)

18. Emil Kolev (Yantra)

19. Kolyo Stanev (Etar)

20. Dimitar Stoyanov (Slavia)

21. Martin Atanasov (Slavia).

Video Populer

Foto Populer