Sukses


4 Bulan Menghilang Bak Ditelan Bumi, Cucu Somantri: Saya Masih Menjadi Wakil Ketua PSSI

Bola.com, Jakarta - Ke mana gerangan Cucu Somantri? Setelah dilengserkan dari posisinya sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 19 Mei 2020, Wakil Ketua PSSI itu bak hilang ditelan bumi.

Cucu Somantri tidak pernah lagi tampil di depan publik. Padahal, PSSI tengah sibuk belakangan ini. Selain mempersiapkan kelanjutan Shopee Liga 1 dan Liga 2, organisasi yang dipimpin oleh Mochamad Iriawan itu juga terus mematangkan rencana penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Sebelum mundur sebagai Dirut PT LIB, Cucu masih aktif mewakili PSSI dalam beberapa kunjungan. Pria berusia 58 tahun ini intens memberikan keterangan kepada media. Namun, Cucu sempat membuat blunder fatal.

Ketika Ratu Tisha Destria meletakkan jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI pada April 2020, Cucu mengatakan bahwa penggantinya adalah Maaike Ira Puspita, wanita yang berstatus adik ipar Iriawan.

Usai melontarkan pernyataan tersebut, Cucu Somantri ditegur oleh PSSI. Oleh dua anggota Komite Eksekutif (Exco), Yunus Nusi yang kini juga menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI dan Haruna Soemitro, pensiunan Mayjen TNI ini dianggap ngalor ngidul.

2 dari 4 halaman

Ke Mana Cucu Somantri?

Lantas, ke mana Cucu Somantri setelah lenyap selama empat bulan lamanya? "Saya sedang sering berada di luar daerah. Saya masih berstatus sebagai Wakil Ketua PSSI," ujar Cucu.

"Di PSSI sudah ada yang menangani. Saya juga masih memantau sesekali. Lagi vakum juga karena ada wabah virus corona ini," imbuhnya.

Cucu juga mengklaim masih berhubungan baik dengan Iriawan. Belakangan ketika dirinya tidak lagi nongol di depan publik, relasi keduanya sempat dikabarkan mengalami keretakan.

"Kami masih terus berkomunikasi. Kapan saya akan kembali? Nanti kalau situasinya sudah membaik. Kan sekarang kasus COVID-19 meningkat terus. Ada juga daerah yang menjadi zona merah. Jadi saya begini dulu saja," tutur Cucu.

"Semoga vaksin bisa ditemukan. Obat COVID-19 juga ditembukan. Sehingga kembali lancar dan saya bisa berinteraksi lagi. Kalau situasi seperti ini kan terbatas," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Sempat Dihajar Kabar Nepotisme

Serangan terhadap Cucu tidak berhenti sampai di Exco PSSI. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1984 ini kembali dihajar mengenai pemberitaan praktik nepotisme ketika masih menjadi Dirut PT LIB.

Cucu memasukkan putranya, Pradana Aditya Wicaksana sebagai calon General Manager PT LIB. Namun, rencana itu tidak terwujud karena PT LIB keburu menggelar rapat umum pemegang saham (rups) luar biasa yang berujung pengunduran diri Cucu.

Peran Cucu Somantri di PT LIB diteruskan oleh Akmhad Hadian Lukita. Sejak saat itulah, mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ini tidak lagi menunjukkan batang hidungnya.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer