Sukses


Piala AFC 2020 Resmi Dibatalkan, Bali United dan PSM Bisa Fokus di Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Kuala Lumpur - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan Piala AFC 2020. Keputusan itu diambil mengingat turnamen tersebut masih sangat panjang.

Pembatalan Piala AFC 2020 diambil dalam rapat Komite Eksekutif AFC yang digelar secara virtual pada Kamis (10/9/2020). AFC menilai, pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah menyebabkan kerumitan, sehingga dimasukkan dalam status force majeure.

"Mengingat logistik dalam mengkoordinasikan lima zona Piala AFC dan menyelesaikan pertandingan Inter Zone, Komite Eksekutif AFC sepakat pandemi menciptakan kerumitan yang merupakan peristiwa force majeure. Dengan sedih, kami memutuskan untuk pembatalan kompetisi 2020," bunyi pernyataan AFC.

Keputusan tersebut dianggap tepat karena perjalanan Piala AFC 2020 masih sangat panjang. Ada grup yang sudah memainkan tiga pertandingan, ada yang dua pertandingan, ada yang satu pertandingan, bahkan ada yang belum sama sekali.

Selain itu, setelah penyisihan grup, klub yang lolos juga masih harus bertarung di semifinal dan final zona masing-masing. Kemudian klub yang lolos akan bertanding di inter zone semifinal lalu ke final Piala AFC 2020.

Berbeda dengan Piala AFC 2020, AFC lebih memilih melanjutkan Liga Champions Asia 2020. Qatar dipilih sebagai tuan rumah pertandingan-pertandingan penyisihan grup di Wilayah Barat yang digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Adapun untuk penyisihan grup di Wilayah Timur akan diputuskan AFC dalam beberapa bulan kedepan. Pertandingan penyisihan grup untuk wilayah tersebut baru digelar pada November mendatang.

2 dari 3 halaman

Fokus ke Liga 1 2020

Keputusan AFC untuk membatalkan Piala AFC 2020 menjadi berkah tersendiri buat dua wakil Indonesia, PSM Makassar dan Bali United. Dengan begitu, kedua klub bisa fokus ke persiapan Shopee Liga 1 2020.

Seperti diketahui, Liga 1 2020 bakal digelar pada 1 Oktober mendatang. Adanya keputusan pembatalan ini membuat konsentrasi kedua klub tak akan terpecah.

Kedua wakil Indonesia itu memang belum maksimal di Piala AFC 2020. Bali United menjadi penghuni dasar klasemen Grup G, sedangkan PSM Makassar berada di peringkat ketiga Grup H.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer