Sukses


10 Pemain Asing Pilih Mundur, PSSI Majukan Bursa Transfer Shopee Liga 1 tapi Detail Masih Dirahasiakan

Bola.com, Jakarta - Sudah sepuluh pemain asing memilih mundur sebelum Shopee Liga 1 2020 dilanjutkan. Mendengarkan aspirasi dan mengakomodir kebutuhan para peserta, PSSI memutuskan untuk memajukan bursa transfer periode kedua.

Banyaknya jumlah pemain asing yang mundur menuju lanjutan Shopee Liga 1 diawali gelandang asing Persikabo, Petteri Pennanen yang ogah kembali ke Indonesia.

Karena pandemi COVID-19, pemain berusia 29 tahun tersebut memilih bertahan di kampung halamannya, Finlandia. Arema FC dan Persipura Jayapura menjadi tim yang paling kelimpungan karena sama-sama kehilangan dua wajah impornya.

Arema FC tidak mencapai kata sepakat dengan Jonathan Bauman dan Oh In-kyun. Adapun, Persipura ditinggalkan Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha karena alasan pribadi.

Semula, bursa transfer periode kedua Shopee Liga 1 merujuk kalender FIFA dijadwalkan pada 20 Juli-19 Agustus 2020. Namun, karena kompetisi dihentikan dan periode pertandingan menjadi berantakan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengubahnya menjadi 8-23 Desember 2020.

Kini sebagai pembuat regulasi, PSSI memilih untuk kembali memajukan periode perpindahan para pemain tersebut sebelum Shopee Liga 1 dimulai. Namun, organisasi yang dipimpin oleh Mochamad Iriawan itu menolak untuk mengungkapkan periode pastinya. 

"Sebetulnya tidak harus kami sampaikan hari ini. Nanti biar PT LIB yang mengumumkan. Sedikit kami sampaikan, ada pendaftaran pemain baru yang kami percepat. Sebab, kami mengantisipasi pemain asing yang susah masuk ke Indonesia," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi pada konferensi pers lanjutan Shopee Liga 1, Jumat (11/9/2020).

"Kami memberikan keleluasaan kepada klub untuk mendatangkan pemain baru. Nanti selengkapnya akan disampaikan oleh PT LIB saat workshop Shopee Liga 1. Di sana nantinya, akan dijelaskan secara detail," jelasnya.

Video

2 dari 3 halaman

Detailnya Masih Dirahasiakan

Yunus Nusi masih merahasiakan rincian peraturan pada bursa transfer periode kedua Shopee Liga 1. Apakah diperbolehkan untuk mendatangkan pemain asing dan lokal, atau hanya pemain asing saja. Pada keputusan PT LIB sebelumnya, para peserta dilarang untuk mendatangkan pemain dari sesama kontestan kompetisi.

PSSI, lanjutnya, juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM dan Dirjen Imigrasi supaya para ekspatriat yang akan bermain di Shopee Liga 1 nantinya dapat dipermulus izinnya.

"PSSI telah bekerja sama dengan Kemenkumham. Saya juga telah bertemu dengan Dirjen Imigrasi. Kenyataannya ada beberapa pemain asing yang sulit untuk masuk ke Indonesia," imbuh Yunus Nusi.

"Dengan dukungan Kemenkumham, para pemain asing sudah mulai kembali datang dan diberiikan dispensasi khusus sesuai peraturan Kemenkumham," tuturnya.

3 dari 3 halaman

10 Pemain Asing yang Meninggalkan Shopee Liga 1

1. Petteri Pennanen (Persikabo)

2. Rafael Gomes de Oliveira (Persela Lamongan)

3. Jonathan Bauman (Arema FC)

4. Oh In-kyun (Arema FC)

5. Sylvano Comvalius (Persipura Jayapura)

6. Ante Bakmaz (Persik Kediri)

7. Nicola Asceric (Persik Kediri)

8. Mateo Bustos (Persita Tangerang)

9. Arthur Cunha (Persipura Jayapura)

10. Yashir Pinto (Barito Putera)

Video Populer

Foto Populer