Sukses


Mengulas Kekuatan dan Pemain-Pemain Kunci Qatar U-19 yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 akan menjajal kekuatan Qatar U-19 dalam laga persahabatan di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kamis (17/9/2020) malam WIB. Anak asuh Shin Tae-yong akan menghadapi tim dari Timur Tengah itu sebanyak dua kali.

Qatar berhasil menjelma menjadi satu di antara tim kuat dari Jazirah Arab yang sebelumnya dikuasai oleh Arab Saudi, Iran, Kuwait, maupun Iraq. Tak cuma di level senior, tim junior pun mampu berbicara banyak di pentas internasional.

Kekuatan tim junior Qatar tidak bisa dianggap sebelah mata. Pada 2014, Qatar U-19 memenangi Piala AFC U-19 di Myanmar. Mereka mengalahkan Korea Utara dengan skor tipis 1-0.

Setahun berselang, tepatnya 2015, Qatar U-19 ikut serta pada ajang Piala Dunia U-20 yang dihelat di Selandia Baru. Sayang, tergabung bersama Kolombia, Senegal, dan Portugal, mereka tak mampu berbicara banyak sebagai wakil Asia.

Kini, di bawah arahan pelatih Fabio Cesar, Abdullah Nasser dkk. akan berusaha keras mempersiapkan diri mengarungi Piala AFC U-19 di Uzbekistan yang digelar pada 14-31 Oktober. Langkah riilnya adalah dengan menggelar pemusatan latihan dan berbagai laga uji coba, termasuk melawan Timnas Indonesia U-19.

Sama seperti Timnas Indonesia U-19, Qatar U-19 juga menggelar pemusatan latihan di Kroasia dari 2-29 September 2020. Terselip juga skuat Qatar U-17 yang juga tengah mempersiapkan diri menyambut turnamen terdekat di Bahrain.

Selain itu, Qatar U-19 juga akan menjadikan serangkaian pemusatan latihan dan uji coba sebagai persiapan diri menyambut Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia tahun depan.

Jelang laga persahabatan menghadapi Timnas Indonesia U-19, Kamis (17/9/2020), Bola.com mengulas bagaimana ciri permainan Qatar U-19 dan siapa saja pemain yang bakal wajib diwaspadai Beckham Putra dkk.

 

2 dari 4 halaman

Gaya Permainan

Qatar U-19, menurut pengamatan Bola.com, terbiasa menerapkan formasi 4-3-3. Mereka juga doyan memainkan umpan-umpan pendek dan penetrasi melalui thru-pass ke jantung pertahanan lawan.

Beberapa tahun lalu, Timnas Indonesia U-19 pernah bersua Qatar U-19 di Gelora Bung Karno pada fase grup Piala Asia U-19 2018.

Drama nyaris tersaji tatkala Timnas Indonesia U-19 yang tertinggal 1-6 mampu mencetak empat gol dan 'cuma' kalah 5-6 pada akhir pertandingan.

Pada laga itu, Qatar sangat menikmati permainan umpan-umpan mendatar namun cepat dan taktis meski unggul postur tubuh. Cara itu membuat pemain Timnas Indonesia U-19 kewalahan sehingga dibobol enam kali.

Pola serupa kembali dijalankan Qatar U-19, dibarengi dengan pressing ketat saat lawan menguasai bola. Akan tetapi, bukan berarti mereka tak punya kelemahan.

Pertahanan Qatar U-19 sangat rentan saat menerima serangan balik cepat lawan. Buruknya transisi dari menyerang ke bertahan adalah celah yang wajib dimanfaatkan oleh anak asuh Shin Tae-yong.

 

3 dari 4 halaman

Pemain Kunci

Skuat Qatar U-19 terbilang merata dari pemain belakang hingga striker. Mereka juga memiliki tiga kiper, di mana dua di antaranya memiliki kualitas yang sama baiknya, yakni Marwan Sherif dan Shehab Mamdouh Al Laithy.

Di barisan pertahanan, Qatar U-19 bakal mengandalkan Ahmad Al Minhali. Ia akan dibantu oleh Yussef Ayman dan Bahaa Al Laithy.

Selain itu, sedikit berbeda dengan skuat Qatar U-19 dua tahun lalu yang tidak mengandalkan sektor sayap, kali ini, Fabio Cesar justru lebih mengoptimalkan peran dari sisi lapangan.

Ada dua pemain sayap yang wajib diwaspadai pada laga uji coba nanti. Mereka adalah Nasser Abdelsalam dan Hashim Ali.

Urusan mencetak gol, bek Timnas Indonesia yang digalang duet Komang Tri dan Ahmad Rusadi harus memperhatikan gerak-gerik Abdulrasheed Umaru. Selain itu, satu nama lain yang wajib dijaga ketat jika dimainkan adalah Mohammad Waad.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer