Sukses


Shopee Liga 1: Marc Klok Ungkap 3 Lagu Favorit yang Didengarnya Sebelum Bertanding

Bola.com, Jakarta - Setiap pesepak bola memiliki ritual khusus yang dilakukan sebelum melakoni pertandingan. Contohnya adalah gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, yang memilih mendengarkan lagu favorit untuk memompa semangatnya sebelum masuk lapangan.

Ritual mendengarkan lagu favorit sudah dilakukan Marc Klok sejak dulu. Pemain yang bergabung dengan Persija Jakarta pada 2020 itu memiliki tiga lagu favorit yang selalu didengarnya sebelum bermain.

"Saya memiliki tiga lagu yang paling sering saya dengarkan. Lagu-lagu itu adalah Trophies dari Drake, Soweto Blues milik Juls, dan Djadja yang dinyanyikan Aya Nakamura," kata Marc Klok seperti dikutip situs resmi klub, Kamis (17/9/2020).

Marc Klok mengaku lagu-lagu itu sengaja didengarnya untuk menambah energi dan semangat ketika bermain. Lagu-lagu tersebut juga membuatnya lebih fokus.

"Lagu-lagu tersebut membuat saya rileks dan bergairah. Ketika mendengarkan lagu itu energi saya seperti bertambah untuk pertandingan dan di saat yang bersamaan juga lebih fokus. Kalian harus mencobanya," tegas Marc Klok.

Marc Klok sejauh ini sudah bermain sebanyak dua kali untuk Persija Jakarta di Shopee Liga 1 2020. Namun, pemain asal Belanda belum mampu berkontribusi dengan mencetak gol atau assist.

2 dari 3 halaman

Selangkah Jadi WNI

Marc Klok sedang menunggu proses naturalisasinya rampung. Pemain berusia 27 tahun itu menyebut proses naturalisasinya sudah berada di DPR-RI.

Proses naturalisasi yang diajukan Marc Klok sudah dilakukannya sejak 2019 ketika masih bermain untuk PSM Makassar. Namun, adanya pandemi Covid-19 yang melanda pada awal 2020 membuat proses tersebut menjadi terhambat.

"Prosesnya saat ini sudah ada di DPR. Sebelum saya sah menjadi WNI, saya harus menyelesaikan administrasi di DPR," kata Klok beberapa waktu lalu.

"Setelah proses di DPR, lalu menunggu persetujuan Presiden. Lalu, saya rasa prosesnya sudah selesai dan saya resmi menjadi WNI," tegas Klok.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

3 Gol Terbaik Semifinal Piala Menpora 2021, Sundulan Maut Ezra Walian

Video Populer

Foto Populer