Sukses


Mengenal Bosnia dan Herzegovina, Kuda Hitam Semenanjung Balkan yang Bakal Menghadapi Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Sarajevo - Timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi Bosnia dan Herzegovina pada laga uji coba lanjutan yang digelar di Kroasia pada Jumat (25/9/2020). Lantas, seperti apa kekuatan Bosnia dan Herzegovina?

Catatan sejarah mengungkapkan Bosnia dan Herzegovina U-19 memang tak punya prestasi gemilang. Meski demikian, Timnas Indonesia U-19 tetap tak boleh memandang sebelah mata tim berjulukan Zmajevi (Naga) itu.

Bosnia dan Herzegovina selalu menjadi tim kuda hitam di Eropa. Sampai saat ini, pasukan Slaven Musa belum pernah tampil di Piala Eropa U-19.

Adapun untuk turnamen regional, pencapaian Bosnia dan Herzegovina juga tak bagus-bagus amat. Dalam dua edisi Piala Mediterania, langkah Bosnia dan Herzegovina selalu terhenti pada penyisihan grup.

Bosnia dan Herzegovina menjaga asa untuk tampil di Piala Eropa 2021. Namun, perjuangan Dejan Popara dkk. tak mudah karena harus bersaing dengan Republik Irlandia, Polandia, dan Estonia pada babak kualifikasi.

Sejauh ini persiapan Bosnia dan Herzegovina juga tak mulus-mulus amat. Dalam empat laga uji coba sepanjang 2020, Bosnia dan Herzegovina hanya meraih sekali kemenangan, sisanya imbang sekali dan dua kali kalah.

Laga melawan Timnas Indonesia U-19 bisa dijadikan Bosnia dan Herzegovina sebagai tolok ukur persiapan tampil di Kualifikasi Piala Eropa U-19 2021. Selain melawan Timnas U-19, Bosnia dan Herzegovina juga akan menantang Qatar pada 27 September mendatang.

Para pemain Bosnia dan Herzegovina akan berkumpul di Odzak untuk menggelar latihan jelang keberangkatan pada 22 September 2020. Setelah itu, Bosnia bertolak ke Kroasia untuk menghadapi Timnas Indonesia U-19 pada 24 September 2020 karena jarak yang tidak terlalu jauh yakni dua jam perjalanan.

2 dari 4 halaman

Diasuh Mantan Pemain

Tak seperti Timnas Indonesia U-19 yang diasuh pelatih asing, Bosnia dan Herzegovina memilih menggunakan jasa pelatih lokal. Sosok yang sampai saat ini bertanggung jawab untuk menangani Timnas Bosnia U-19 adalah Slaven Musa.

Pelatih berusia 49 tahun itu juga rangkap jabatan sebagai asisten pelatih Dusan Bajevic di Timnas senior Bosnia dan Herzegovina. Slaven Musa dipercaya memimpin Bosnia dan Herzegovina U-19 sejak 2018.

Sebelum menjadi pelatih, Slaven Musa berkarier sebagai pemain dan pernah membela sejumlah klub Bosnia dan Herzegovina. Namun, puncak kariernya terjadi ketika membela raksasa Bosnia dan Herzegovina, Zrinjski Mostar.

Pada 2002, Slaven Musa memulai karier kepelatihan sebagai asisten di Zrinjski Mostar. Slaven Musa juga sempat menukangi Zrinjski Mostar rentang 2010-2012 dan NK Siroki Brijeg.

Bersama Slaven Musa, Bosnia dan Herzegovina menjelma menjadi tim yang tangguh dan mengandalkan kecepatan. Hal itu sesuai dengan karakter Slaven Musa yang mendewakan permainan cepat dengan mengandalkan bola-bola silang.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Bosnia dan Herzegovina

Daftar pemain Bosnia dan Herzegovina untuk laga melawan Timnas Indonesia U-19:

1. Nikola Cetkovic (Zeljeznicar ST Banja Luka)

2. Strahinja Manojlović (Zvijezda 09)

3. Omar Beća (Zeljezničar Sarajevo)

4. Amar Drina (Zeljezničar Sarajevo)

5. Niksa Silic (Zrinjski)

6. Ivan Basic (Zrinjski)

7. Patrik Bosnjak (Zrinjski)

8. Alden Suvalija (Sarajevo)

9. Salih Husic (Sarajevo)

10. Aid Tabakovic (Olimpik)

11. Ajdin Jusupovic (Radnik Hadžići)

12. David Cavic (Borac)

13. Amar Tahric (Borac)

14. Dejan Popara (Zvijezda 09)

15. Silvio Ilinkovic (Rijeka, Croatia)

16. Lejs Plicanic (Hrvatski Dragovoljac, Croatia)

17. Viktor Paleznica (Sloboda)

18. Adi Alic (Sloboda)

19. Nail Omerovic (Sloboda)

20. Luka Jankovic (Zvijezda 09)

Pelatih: Slaven Musa (Bosnia dan Herzegovina)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer