Sukses


Shopee Liga 1: Persija Nilai Sudirman Sudah Banyak Menyerap Ilmu Sergio Farias

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta menghadapi kritikan tajam dari para suporternya terkait pengganti Sergio Farias di kursi pelatih. Keputusan tim berjulukan Macan Kemayoran itu mempromosikan Sudirman dianggap tidak tepat.

Sergio Farias adalah pelatih berkaliber Asia. Pria asal Brasil itu pernah memenangi Liga Champions Asia 2009 bersama klub Korea Selatan, Pohang Steelers. Dia juga menjuarai Liga Korea Selatan 2007 bersama tim yang sama.

Adapun, riwayat Sudirman sebagai pelatih kepala sangat minim. Dia lebih banyak menjadi pelatih di kelompok umur. Sekalinya berkontribusi di tim senior, pria yang karib dipanggil Jendral ini hanya didapuk sebagai asisten.

Hubungan Sergio Farias dengan Persija Jakarta terpaksa kandas di tengah jalan. Padahal, keduanya baru efektif bekerja sama dalam dua pertandingan Shopee Liga 1 2020. Arsitek berusia 53 tahun itu memilih untuk berada di Brasil selama pandemi COVID-19 karena faktor keluarga.

"Tentunya pemilihan Sudirman ini sudah dipertimbangkan masak-masak oleh manajemen. Untuk musim ini, Sudirman sudah cukup layak menjadi pelatih kepala dan dia juga sudah mengikuti latihan dari awal sebagai asisten Sergio Farias," kata Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca, dinukil dari channel YouTube Persija Jakarta.

"Sudirman juga cukup tahu bagaimana standar-standar dari teknik kepelatihan dan teknik permainan. Dia sudah belajar banyak dari Sergio Farias," jelas pria yang biasa disapa Panca ini.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Orang Lama di Persija

Sudirman merupakan orang lama di Persija Jakarta. Dia pernah menjadi pelatih sementara Macan Kemayoran pada 2009 karena Benny Dollo berkonsentrasi di Timnas Indonesia.

Sudirman juga menjadi asisten pelatih Macan Kemayoran di era Iwan Setiawan pada 2011-2012, berlanjut ketika dipercaya sebagai tangan kanan Edson Tavares pada 2019. Dia banyak menghabiskan karier kepelatihannya di level umur bersama tim junior Persija Jakarta.

"Terakhir waktu saya berdiskusi dengan Sergio Farias beserta manajer, Bambang Pamungkas dan direktur olahraga tim, Ferry Paulus, ada beberapa nasihat dari dia untuk tim dan sudah kami sampaikan ke coach Sudirman," imbuh Panca.

"Pesan-pesan dari Sergio Farias cukup efektif. Beberapa skema, teknik, dan strateginya sudah diberikan kepada coach dan saya yakin sekali, kami berharap bersama coach Sudirman, sesuai tujuan awal kami. Dia juga sudah punya ikatan yang cukup baik dengan pemain," terangnya.

Video Populer

Foto Populer