Sukses


Menpora Berharap Ada Titik Cerah Kelanjutan Shopee Liga 1 pada November 2020

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali berharap kelanjutan Shopee Liga 1 musim ini dapat menemui titik cerah dalam sebulan ke depan. Dia masih optimistis kompetisi bisa diputar pada November 2020.

"PSSI menunda Shopee Liga 1 selama sebulan ke depan. Apa yang dilakukan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru perlu kami apresiasi," kata Amali di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (29/9/2020).

"Saya mengapresiasi sikap Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, yang mengedepankan keselamatan umum sebagaimana yang disampaikan oleh Mabes Polri. Mohon untuk seluruh elemen sepak bola nasional, bisa memahami apa yang diputuskan oleh PSSI."

"Kami berharap pandemi COVID-19 ini bisa berakhir. Sebagaimana ada rencana lanjutan kompetisi ini, mudah-mudahan sebulan ke depan ada tanda-tanda baik untuk melanjutkan Shopee Liga 1," tutur Amali.

PSSI terpaksa menunda Shopee Liga 1 pada Selasa (29/9/2020) atau dua hari menjelang dilanjutkannya kompetisi. Musababnya karena Polri tidak menerbitkan izin keramaian.

Video

2 dari 2 halaman

Minta Diizinkan pada November 2020

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan meminta Mabes Polri untuk mengizinkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 digelar pada November 2020. Pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu tidak ingin kompetisi ditunda lebih dari sebulan.

"PSSI memohon kompetisi hanya ditunda selama sebulan. Sebab, jika Shopee Liga 1 digelar pada November 2020, maka akan selesai pada Maret 2021. Sehingga masih ada jeda waktu," kata Iwan Bule.

"Jika dimulai pada Desember 2020, maka selesainya akan mundur juga. Pada April 2021, sudah memasuki bulan ramadan. Lalu Mei-Juni 2021 ada Piala Dunia U-20 2021. Sehingga kompetisi selanjutnya hanya bisa dimulai pada Agustus 2021."

"Hal ini tentu akan menghilangkan satu generasi. Timnas Indonesia nanti juga tidak bisa mengikuti agenda FIFA dan AFC. PSSI tidak mau dipandang kurang baik oleh FIFA dan AFC," ujar Iwan Bule.

Video Populer

Foto Populer