Sukses


Shopee Liga 1: Tak Ada Libur, PSS Genjot Taktik dan Strategi

Bola.com, Sleman - Tidak ada agenda libur di skuad PSS Sleman setelah pelaksanaan lanjutan Shopee Liga 1 2020 kembali ditunda. Bagus Nirwanto dan kawan-kawan tetap melahap porsi latihan rutin setiap hari kecuali hari Minggu.

Tim Elang Jawa seharusnya sudah melakoni pekan keempat. Sesuai jadwal yang disusun PT LIB, PSS sedianya menjamu Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo, Kamis (1/10/2020).

Sayangnya semua menjadi berantakan karena PSSI harus menunda pelaksanaan kompetisi. Polri tidak dapat menerbitkan izin pertandingan, di saat kondisi pandemi COVID-19 masih merajalela di Indonesia.

Saat ini, fokus utama latihan PSS ialah mematangkan taktik dan strategi bermain.

"Kesepakatan antara manajemen dan tim pelatih, PSS belum ada libur. Sebab, sejauh ini belum ada tanggal pasti kapan dimulainya kembali kompetisi," ungkap pelatih fisik PSS, Danang Suryadi, Minggu (4/10/2020).

PSS akan kembali berlatih di lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sleman, Senin (5/10/2020). Sejauh ini, PSS tinggal menunggu kehadiran bek Aaron Evans yang masih di Australia dan pelatih kepala Dejan Antonic yang tertahan di Hong Kong.

"Kalau sudah ada tanggal pasti, kita mungkin bisa hitung hitungan. Kalau beri libur ke pemain berapa lama. Kemudian ketika kembali harus memulai, program latihan apa yang harus diberikan ke pemain. Tapi karena ini tidak ada libur, jadi latihan seperti biasa," ujar Danang Suryadi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Protokol Kesehatan

Di sisi lain, dokter tim PSS, Elwizan Aminuddin memastikan protokol kesehatan yang ketat tetap diterapkan tim berjuluk Super Elang Jawa. Tindakan pencegahan wabah virus Corona juga rutin dilakukan seorang swab test setiap dua pekan sekali.

Selain itu, untuk menjaga pemain terhindar dari risiko cedera ketika menjalani latihan intensif, dokter tim memiliki cara tersendiri yakni dengan membedakan tindakan terapi seperti ice bath.

"Metode berendam di air dingin antara 10 atau 5 derajat celcius. Untuk mencegah terjadi robekan kecil pada otot, atau yang tadinya ada benturan di latihan dengan berendam itu dia akan sedikit melancarkan peredaran darah," bebernya.

"Hal paling positif adalah bisa memberikan shock terapi untuk bagian otot yang sebelumnya capek, lalu terkena air dingin nanti akan mempercepat pemulihan atlet. Jadi mereka bisa siap melakukan aktivitas seperti biasanya," jelas Elwizan.

Video Populer

Foto Populer