Sukses


Kemenpora Tolak Proses Naturalisasi Lee Yoo-joon?

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyebut pihaknya tidak meneruskan proses naturalisasi seorang pemain asal Korea Selatan meski sudah beristrikan orang Indonesia. Keputusan itu diambil dengan sejumlah pertimbangan.

Hal itu diungkapkan Zainudin Amali ketika mengikuti rapat kerja bersama Komisi III DPR RI dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly. Dalam rapat tersebut, Zainudin Amali hanya menyebut Marc Klok sebagai atlet dari cabang olahraga sepak bola yang proses naturalisasinya akan dilanjutkan.

"Belakangan ini, memang ada permohonan untuk naturalisasi. Akan tetapi saya dan teman-teman di Kemenpora tidak meneruskan permohonan itu kepada KemenkumHAM," kata Zainudin Amali.

"Kami memandang dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan. Apakah dia masih dalam usia produktivitas, apakah dia bisa diharapkan memperkuat timnas, maka ada ada beberapa yang tidak kami loloskan," ujar menteri asal Gorontalo itu.

Zainudin Amali memang tidak secara gamblang menyebut nama atlet yang proses naturalisasinya tak dilanjutkan. Namun, Amali menyebut sejumlah ciri-ciri yang mengarah kepada Lee Yoo-joon.

"Bapak Mochamad Iriawan tentu tahu permohonan dari seorang atlet sepak bola dari Korea Selatan yang sudah mendapat dukungan dari berbagai pihak. Bahkan, ada teman kami dari DPR yang meminta karena sudah beristrikan orang Indonesia, sudah berkeluarga di Indonesia, akan tetapi saya menolak," tegas Zainudin Amali.

Lee Yoo-joon memang mengajukan proses naturalisasi sejak Oktober 2019. Gelandang Bhayangkara FC itu memiliki istri seorang wanita Indonesia bernama Shanaz Nadia dan sudah dikaruniai seorang putri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Bhayangkara FC Membantah

Sementara itu, Bhayangkara FC membantah proses naturalisasi Lee Yoo-joon ditolak oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Manajer klub berjulukan The Guardians itu, I Nyoman Yogi, menegaskan prosesnya masih berlanjut.

"Tidak benar proses naturalisasinya ditolak. Prosesnya saat ini masih jalan terus," tegas I Nyoman Yogi.

Lee Yoo-joon sudah bermain di Indonesia sejak 2016. Sampai saat ini, Lee Yoo-joon tak berganti klub dan setia bersama Bhayangkara FC dengan jumlah penampilan mencapai 107 laga.

Video Populer

Foto Populer