Sukses


Piala Dunia U-20 2021 Digelar Tanpa Penonton? Ini Penjelasan Menpora dan Ketua PSSI

Bola.com, Jakarta - Ada kemungkinan Piala Dunia U-20 2021 digelar tanpa penonton jika situasi di Indonesia masih belum membaik akibat wabah virus corona. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, mencoba memberikan pandangannya.

"Kami akan melihat situasinya pada Mei 2021 jika Piala Dunia U-20 tidak mengalami pengunduran jadwal," kata Amali pada konferensi pers setelah rapat terbatas (ratas) mengenai perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021, Selasa (20/10/2020).

"Apakah vaksin untuk COVID-19 sudah dibagikan secara merata dan sebagainya, kami akan lihat. Selain itu, akan ada supervisi dari FIFA yang memberikan arahan terhadap penerapan protokol kesehatan. Kami akan komunikasikan dengan FIFA," terang Amali.

Pemerintah menargetkan vaksin virus corona dapat disalurkan kepada masyarakat pada Januari tahun depan. Artinya, ada jeda waktu sekitar lima bulan sebelum hajatan Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-12 Juni 2021.

"Kami mementingkan kesehatan dan keselamatan masyarakat. Kami berharap, Piala Dunia U-20 2021 bisa dihadiri oleh setengah dari kapastias stadion. Yang jelas, yang akan menentukan adalah otoritas yang diberikan kewenangan untuk menentukan protokol kesehatan dan FIFA," jelas Amali.

2 dari 3 halaman

Komentar Ketua PSSI

Adapun, Iriawan menyampaikan, Presiden Jokowi mendukung kans Piala Dunia U-20 2021 dihadiri oleh penonton namun dengan syarat. Sebelum diperbolehkan untuk mendukung, masyarakat harus diberikan vaksin lebih dulu.

"Pak Presiden tadi menginginkan ada penonton namun harus divaksin lebih dulu. Tentunya, nanti menjelang Piala Dunia U-20 2021 juga berlaku untuk pemain, pelatih hingga panitia penyelenggara," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule tersebut.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 yang rencananya berpusat di enam stadion. Sejauh ini, jadwal penyelenggaraan turnamen masih belum terdampak pandemi COVID-19 seperti sejumlah kejuaraan lainnya.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer